SBY Melapor ke Panel Tingkat Tinggi PBB

New York, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku satu dari tiga ketua Panel Tingkat Tinggi PBB menyerahkan laporan kegiatan agenda Pembangunan Pasca Millenium Development Goal kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di New York, Kamis (30/5) waktu setempat.

Penyerahan laporan itu dilakukan setelah panel tingkat tinggi tersebut menyelesaikan pertemuan terakhir yang dilakukan secara tertutup di Markas Besar PBB, Rabu sore (29/5). Hal itu disampaikan oleh SBY dalam jejaring sosial miliknya @SBYudhoyono, dimana laporan tersebut berisikan hasil kerja panel tingkat tinggi yang akan diserahkan ke PBB dalam upaya menghapus kemiskinan sedunia melalui pembangunan berkelanjutan.

“Setelah sembilan bulan bekerja dan melalui perdebatan yang seru, akhirnya konsensus tercapai. Besok, saya akan serahkan HLP Report pada Sekjen PBB,” ucapan SBY dalam akun twitternya. Seperti diketahui, Presiden Yudhoyono tengah berada di New York untuk memimpin pertemuan panel tingkat tinggi PBB mengenai Agenda Pembangunan PascaMDGs. Presiden Yudhoyono bersama dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf telah diminta oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk memimpin panel tingkat tinggi PBB yang membahas agenda pembangunan pasca2015.

Namun dalam pertemuan terakhir kali ini Perdana Menteri Inggris dan Presiden Liberia berhalangan hadir. Mereka diwakili oleh Wakil Presiden Liberia Joseph Nyuma Boakai dan Menteri Pembangunan Internasional Inggris Justine Greening. (RH/ANT)