Alex Nurdin Masih Unggul di Pilkada Sumsel

Palembang, Sayangi.com – Berdasarkan hasil survei sementara yang dilakukan 2 lembaga survey, calon petahana Alex Noerdin diprediksi akan memenangkan pemilihan kepala daerah Sumatera Selatan.

“Pertarungan sangat ketat terjadi pada Pilkada Sumsel antara Herman Deru dengan Alex Noerdin, kata Direktur Lembaga Survei Pembangunan Indonesia (LSPI) Wahyudi di Palembang, Minggu (2/6).

Menurut dia, pada 15-21 Mei 2013 telah dilakukan survei terhadap perilaku pemilih di Sumsel dan hasilnya terjadi pertarungan yang sangat ketat.

Ia mengatakan, dari empat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel tercatat Alex Noerdin-Ishak Mekki dengan Herman Deru-Maphilinda paling potensial memenangkan pemilihan kepala daerah.

Ia mengatakan, berdasarkan survei suara Alex Noerdin- Ishak Mekki (nomor urut 4) yang didukung Partai Golkar dan Partai Demokrat  mencapai 32,17 persen, sedangkan Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) sekitar 30, 40 persen, kemudian Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1) dengan 23,42 persen dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) hanya 7,64 persen.

Margin error diangka 1,8 persen dan diperkirakan potensi Alex Noerdin-Ishak Mekki dan Herman Deru-Maphilinda untuk memenangkan pilkada Sumsel terbuka.

Bahkan, kata dia, potensi dua putaran terbuka, jadi bisa satu atau dua putaran, semuanya terbuka dan kuncinya sekarang ada pada suara mengambang atau swing voter.

Swing voternya ada sekitar 6,37 persen dan bagi yang bisa merebut ini akan menang, ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei berbeda yang dilakukan Fast Polling Indonesia pada masa kampanye calon Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin juga unggul dibandingkan dengan calon lainnya pada pemilihan kepala daerah setempat.

Calon Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berdasarkan hasil survei sementara ini masih unggul, kata Direktur Fast Polling Indonesia Makmun I Ridwan di Palembang, Minggu (2/6/2013).

Menurut dia, dari hasil survei yang dilakukan pada masa kampanye yakni 19-23 Mei 2013 pasangan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1) memperoleh 17,79 persen, kemudian Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) dengan 12,18 persen.

Selanjutnya Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman (Derma) nomor urut 3 mendapatkan 27,23 persen dan Alex Noerdin-Ishak Mekki (nomor urut 4) dengan 32,38 persen.

Perlu diketahui, pemilihan gubernur Sumsel akan dilaksanakan serentak dengan pilkada empat kabupaten di provinsi itu yakni Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, dan Ogan Komering Ilir. Pilkada Sumsel dilaksanakan pada 6 Juni 2013. (HST/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN