Tolak BBM Naik, Mahasiswa Makasar Demo Anarkis

Jakarta, Sayangi.com – Meski pemerintah belum menetapkan secara jelas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), namun aksi penolakan telah terjadi disejumlah daerah.

Jalannya demontrasi mahasiswa seperti di Makasar misalnya diwarnai dengan aksi lempar batu oleh mahasiswa kepada aparat. Sejumlah mahasiswa melempar batu saat terjadi bentrokan antara polisi dan mahasiswa di depan sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Makassar, Sulsel, Senin (3/6). Bentrokan tersebut terkait penolakan mahasiswa terhadap rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Pernyataan pemerintah yang mengatakan kenaikan harga BBM bersubsidi akan diterapkan pada 17 Juni 2013 menuai penolakan dari sejumlah mahasiswa di Makasar. Mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi di kantor pertamina di Makasar mengatakan, “Jika pertamina atau pemerintah tetap menaikkan harga BBM, maka kami akan menduduki kantor ini,” kata Awal salah satu mahasiswa dalam orasinya, Senin, (3/6/2013).[HSB]

 

Sementara itu hari ini pemerintah melakukan rapat konsultasi secara tertutup dengan DPR. Rapat konsultasi dihadiri oleh Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, Ketua DPR Marzuki Alie, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Menkeu Chatib Basri, dan Menteri PPN/kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Menurut sumber ANTARA News, Pemerintah tidak membicarakan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi dan tanggal pemberlakuannya dalam pertemuannya dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta hari ini.

“Sekarang ini pemerintah dengan DPR membahas terkait program kompensasi dalam APBNP 2013. Jadi jangan melihat tanggal kapan kepastian kenaikan harga BBM itu,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana dijumpai usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin.

Namun, hingga rapat konsultasi hari ini belum dapat menjelaskan rencana kenaikan harga BBM. Sebelumnya Menteri Keuangan Chatib Basri juga menyatakan bahwa dirinya belum bisa memastikan kapan kenaikan harga BBM bersubsidi akan dilakukan. Begitu pula dengan kepastian kenaikan harganya.

“Yang jelas pemerintah akan menaikkan harga BBM. Dan mengenai `range` kenaikan harganya seperti yang sudah disampaikan kalau premium kenaikannya berkisar Rp2.000 per liter dan solar Rp1.000 per liter,” kata dia.

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM bersubsidi untuk mengamakan APBN 2013. Pemerintah saat ini sedang melakukan pembahasan Rancangan APBNP 2013 dengan DPR RI terkait adanya perubahan asumsi makro akibat kenaikan harga BBM bersubsidi. (AS/ANT)