Bom Poso : Suasana Poso Kondusif

Palu, Sayangi.com – Pagi tadi, Senin (3/6), tepatnya pukul 08.25 WITA, halaman Mapolres Poso digemparkan dua ledakan bom. Bom pertama meletus dalam skala kecil, dan bom kedua letusannya besar yang menghancurkan tubuh korban dan sepeda motor yang digunakannya.

Hingga pukul 10.20 WITA, berdasarkan sumber di lokasi kejadian, polisi setempat belum memberikan penjelasan jenis bom yang diledakkan pelaku, apakah berjenis low explosive atau high explosive. Polisi juga belum mengumpulkan potongan-potongan jenazah korban serta kepingan-kepingan kendaraan bermotor yang hancur dan menyebar di halaman Mapolres.
Mengutip keterangan sejumlah polisi di tempat kejadian, pelaku berjaket rajutan dan berhelm warna hitam itu bersepeda motor Yamaha Jupiter warna hitam, masuk ke halaman Mapolres lewat pintu Barat. Petugas sempat mencegahnya, namun pelaku tetap nekad masuk.

Beberapa detik kemudian terdengar ledakan kecil yang disusul ledakan besar yang menghancurkan tubuh pelaku dan sepeda motornya. “Sampai sekarang, plat nomor kendaraan itu belum diketahui karena hancur. Yang utuh tinggal bannya saja,” ujar Sofyan, seorang saksi mata yang berada di lokasi kejadian.

Olah tempat kejadian perkara (TKP) dipimpin langsung oleh Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto dan didampingi Kapolres Poso AKBP Susnadi. Kebetulan, Kapolda sudah berada di Poso sejak dua hari terakhir.

Usai ledakan, suasana Kota Poso pada umumnya kondusif. Aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa, termasuk aktivitas perdagangan di Pasar Sentral Poso yang terletak hanya sekitar 50 meter dari Mapolres Poso.Namun Jalan Pulau Sumatra yang melintas di depan Pasar Sentral dan Mapolres Poso sampai saat ini masih ditutup. Arus lalu lintas yang berada di jalur trans Sulawesi itu dialihkan ke jalur lain dan arus lalu lintas berjalan lancar. (MARD/ANT)