Jacksen F Thiago: Persiapan Timnas Maksimal

Jakarta, Sayangi.com – Pelatih Timnas Senior Indonesia Jackson F. Tiago berjanji akan berusaha maksimal mempersiapkan Timnas Indonesia saat melawan Belanda, 7 Juni mendatang. Pelatih asal Brasil itu mengaku sudah mengetahui kekuatan tim Orange tersebut dari video pertandingan.

Latihan tim nasional Indonesia untuk menghadapi Belanda dimulai Selasa besok. Sejumlah pemain mulai berada di ibukota Jakarta pada hari ini, Senin (3/6). “Hari ini ada beberapa pemain yang akan datang. Mereka dari IPL, karena kebetulan jadwal kompetisi mereka saat ini tidak padat,” ujar asisten pelatih timnas Indonesia Yeyen Tumena.

Dalam daftar 21 nama pemain yang dipanggil, hanya ada tiga pemain yang berasal dari kompetisi IPL, yakni Andik Vermansah (Persebaya 1927) serta dua pemain Semen Padang yaitu Vendry Mofu dan Hengki Ardiles. Sementara sisanya berasal dari ISL. “Untuk pemain ISL mereka akan datang besok, Selasa. Kecuali Persipura dan Persija, mereka belum bisa gabung besok karena masih ada pertandingan,” tambah Yeyen.

Menurut pelatih kepala Jacksen F Thiago, pada latihan pertama besok, timnas hanya akan berlatih ringan. Sedangkan latihan penuh akan digelar pada Rabu (5/6) dan Kamis (6/6). Pertandingan Indonesia versus Belanda akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Jumat (7/6) malam. Harga tiket dari Rp 50 ribu sampai Rp 1.750.00.

Sementara itu, sebelum laga tersebut digelar pemain Belanda dijadwalkan jalan-jalan ke Kota Tua di Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Nine Sport, Arif Putra Wicaksono, Senin (3/6/2013). Dia mengatakan, kunjungan De Oranje ke tempat wisata bersejarah itu merupakan agenda yang sudah dijadwalkan di luar pertandingan.

“Mereka berencana mengunjungi Kota Tua pada 5 atau 6 Juni besok. Selain mereka ingin berjalan-jalan, kunjungan ini juga sebagai agenda untuk merayakan HUT Jakarta ke-486,” ujarnya. Arif mengakui Robin Van Persie dkk memiliki keingintahuan yang sangat besar tentang Indonesia. “Memang para pemain timnas Belanda ini sangat ingin tahu semua hal tentang Indonesia, termasuk tempat-tempat sejarah di Indonesia.”

Timnas Belanda dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Rabu (5/6) pagi. Setibanya di Tanah Air, mereka akan menggelar jumpa pers jelang pertandingan. Selain itu, mereka akan melakukan coaching clinic. (RH/ANT)