Michael Douglas, Oral Seks, dan Kanker Tenggorokan!

Hollywood, Sayangi.com – Aktor Hollywood Michael Douglas akhirnya mengakui, kanker tenggorokan yang dideritanya diduga karena oral seks. Suami aktris cantik Chatherine Zeta–Jones ini sebelumnya keukeh menganggap penyakitnya akibat kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Dia membuat pengakuan itu kepada majalah The Guardian, tentang penyakit yang berkembang akibat virus human papillomavirus (HPV) itu, setelah tiga tahun dia didiagnosis menderita penyakit tersebut.

Awalnya ia berfikir bahwa yang memicu penyakit ini adalah karena kondisinya yang tertekan dengan kasus yang menimpa putranya Cameron, namun ternyata hal ini tertular disaat berhubungan seks. Penyakit kanker stadium empat yang diderita Douglas menyebabkan ia harus menjalani kemoterapi dan radiasi secara teratur. Namun Aktor ini telah bebas kanker selama lebih dari dua tahun dan mengatakan ia melakukan kontrol dokter setiap enam bulan.

Baru-baru ini penyakit kanker mulut meningkat 3 kali lipat dalam kurun waktu 20 tahun. Penyebab kenker mulut sangat beragam, mulai dari kebiasan merokok hingga melakukan oral seks. Namun menurut penelitian, kanker mulut kali ini banyak disebabkan karena seringnya melakukan oral seks dengan gonta ganti pasangan. Pemicu kanker serviks pada perempuan, Human Papilloma Virus (HPV) makin sering ditularkan pada laki-laki melalui seks oral. Dalam kurun 20 tahun saja, jumlah penderita kanker mulut yang disebabkan oleh HPV telah meningkat 3 kali lipat.
 
Selama ini infeksi HPV lebih banyak dikaitkan dengan risiko kanker serviks atau leher rahim pada perempuan dan hanya sedikit saja ditemukan pada kanker anus dan kanker penis. Namun dengan temuan ini, dugaan bahwa kanker bisa ditularkan melalui seks oral makin kuat.

Bagaimanapun juga, mulut adalah bukan merupakan organ seksual dan solusi terbaik adalah hindari penggunaan mulut untuk melakukan aktivitas seksual primer, karena pada dasarnya sesuatu yang tidak pada tempatnya hanya akan menimbulkan kerugian atau kerusakan dibelakang hari. Selain itu hal yang paling memungkinkan terhindar dari penularan HVP adalah dengan berusaha untuk tidak bergonta – ganti pasangan.  Dalam memerangi penularan HPV sebagai penyebab kanker tenggorokan, kdeua hal tersbut diatas adalah solusi yang paling mudah untuk dijalankan. (RH/BBC News Health).