Palembang Rusuh, Toko-Toko Tutup

Palembang, Sayangi.com – Toko-toko yang berderet sekitar Jenderal Sudirman hingga kawasan Pasar 16 Ilir tutup paska pembakaran Toko Jaya Elektronik yang juga menghanguskan kios-kios di sekitarnya.Padahal, di setiap harinya, toko-toko di sepanjang Jalan Sudirman dipadati pengunjung. Semula sejumlah lajur jalan yang mengakses ke Jembatan Ampera macet total. Sore ini sudah lancar.

Para pemilik toko memilih tutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Aparat keamanan dari kepolisian serta petugas pemadam kebakaran di Bundaran Air Mancur tampak siaga. Toko yang hangus menjadi tontonan warga.

Hal yang sama juga tampak di kawasan pusat perdagangan lain seperti di Jalan Veteran dan Jalan Kolonel Atmo.

Hingga berita ditulis, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan Irjen Polisi Saud Usman Nasution menyatakan masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran toko Jaya Raya Elektronik dan Tunas Jaya Elektronik di Jalan Beringin Janggut Palembang.

Sebagaimana toko Jaya Raya Elektronik terbakar diduga dilakukan massa dan selanjutnya api merambat ke toko Tunas Jaya Elektronik yang bersebelahan dengan salah satu bank swasta di kawasan itu.

Kapolda mengatakan, pihaknya akan mendalami kasus terbakarnya toko elektronik itu untuk mengetahui masalah sebenarnya.

Menurut dia, telah ada dua saksi yang sudah dimintai keterangan terkait terjadinya kasus terbakarnya toko yang menjual berbagai macam alat elektrionik yang terhitung besar di Palembang itu.

Kapolda juga menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, termasuk jumlah kerugian belum bisa diketahui, karena masih dalam pendataan dan penyelidikan aparat.

Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tenang, karena api sudah bisa dipadamkan dan kondisi keamanan tetap kondusif. (MARD/ANT)