Komisi VIII Kritisi Minimnya Relawan Bencana

Jakarta, Sayangi.com – Komisi VIII DPR RI mengkritisi target pembinaan jumlah relawan penanggulangan bencana yang terbilang sangat kecil yaitu hanya 640 relawan saja. Hal itu mengemuka dalam rapat kerja dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Gedung DPR, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin (3/6).

Melihat angka yang begitu minim, Anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Raihan Iskandar mempertanyakan bagaimana proses rekruitmen BNPB.

“Saya apresiasi kinerja BNPB, namun jumlah relawan, saya rasa masih sangat kurang. Bagaimana mungkin dengan jumlah relawan yang menurut saya masih sangat sedikit itu bisa menjangkau  seluruh luas wilayah Indonesia,” tanya Raihan Iskandar sebagaimana dirilis laman resmi DPR.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BNPB Syamsul Ma’arif mengatakan bahwa pembinaan 640 relawan merupakan target di tahun 2014. Sejauh ini sudah ada 30 ribu relawan yang bergabung dalam BNPB.

“Setiap tahun kami melakukan pembinaan pada induk organisasi relawan. Pembinaan bersama-sama tersebut dalam bentuk pemberian gelar relawan. Selain itu, kami juga memberikan sertifikasi kepada relawan, sebagai bentuk penghargaan para relawan yang telah melakukan kerja nyata dan pembinaan tadi,” jelas Syamsul.

Meski demikian Syamsul menyadari , jumlah relawan tersebut memang masih kurang mengingat wilayah Indonesia yang cukup luas ditambah dengan kondisi alam di beberapa wilayah yang rawan terjadi bencana. Oleh karena itu, sampai saat ini pihaknya masih melakukan rekruitmen berkesinambungan untuk para calon relawan.(HST/DPR)