Penertiban Bangunan Berakhir Ricuh

Jakarta, Sayangi.com – Penertiban bangunan di Jl. Gebang Mas, Taman Pulogebang, Cakung-Jakarta Timur kembali ricuh. Warga yang tetap mempertahankan bangunannya akhirnya bentrok dengan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Brimob Polda Metro dan TNI pada Rabu pagi (5/6).

Sebagian besar warga mencoba memblokade akses jalan dengan membakar ban bekas dan lemparan batu ke arah petugas.

Namun upaya  itu tidak berjalan lama, banyaknya petugas yang turun ke lokasi untuk mengamankan jalannya evakuasi dengan cepat memukul mundur massa dengan menggunakan tembakan gas air mata dan water cannon.

Akibat dari bentrokan tersebut, sebagian petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) luka parah dan sebuah mobil truk bernomor polisi B 9150 SY rusak parah akibat lemparan batu.

Tak lama setelah itu, dari informasi warga, sekitar pukul 06.00 WIB, kurang lebih 3 jam petugas berhasil menghancurkan bangunan 24 bangunan liar berdiri di atas lahan seluas 3000 meter di dalam area perumahan Taman Pilogebang, Cakung, Jakarta Timur. Kini, bangunan yang sebagian  besar semi permanen itu rata dengan tanah.

“Warga mencoba bertahan karena belum ada negoisasi sebelumnya. Paling tidak ada informasi sebelumnya bahwa akan ada penggusuran. Meski sebenarnya warga sudah tahu akan ada penggusuran, makanya sejak semalem warga sudah siap-siap,” jelas Udin warga RW 13. (HR)