Penyandang Disabilitas Didorong Berpartisipasi Aktif

Padang, Sayangi.com – Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumatera Barat mendorong anggotanya di daerah itu untuk berpartisipasi aktif dan menggunakan hak pilih pada Pemilu 2014.

“Dalam pemilu setiap warga negara memiliki hak yang sama, karena itu penyandang disabilitas jangan sampai menyia-nyiakan hak pilih pada Pemilu Legislatif dan Presiden,” kata Ketua PPDI Sumbar Jhoni Aulia di Padang, Rabu (5/6).

Terkait tengah dilakukannya pendataan pemilih oleh petugas, ia meminta penyandang disabiltas proaktif dan memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih.

Ia mengharapkan petugas pendataan pemilih mendata warga yang berhak memilih, termasuk penyandang disabilitas.

Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), katanya, saat ini terdapat 25.008 penyadang disabilitas di Sumbar. Mereka terdiri atas 2.597 orang tunanetra, 8.230 tunadaksa, 3.791 tunarungu wicara, dan 10.390 penyandang keterbatasan mental atau tunagrahita.

Ia mengharapkan KPU memberikan kemudahan pada penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilih dengan menyiapkan surat suara khusus untuk mereka dalam memberikan hak suara.

Terkait Pilkada Padang pada 30 Oktober 2013, katanya, penyandang disabilitas di daerah itu dapat memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih dan ikut menggunakan hak suara. (HST/ANT)