“Perancis Salah Satu Investor Besar di Indonesia”

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa hari ini menerima Menteri Perdagangan luar Negeri Prancis Nicole Bricq. Pertemuan yang berlangsung di Kementerian Perekonomian tersebut akan membahas persoalan investasi Prancis ke Indonesia.

“(Pembahasan) terutama mengenai hubungan ekonomi kita, banyak investasi Prancis di Indonesia. Prancis salah satu investor yang cukup besar, tentu saya kan bertukar pikiran di situ barang kali akan ada hal-hal lain yang menyangkut investasi tambahan ataupun menyangkut yang sudah ada di sini apakah ada kendala atau tidak,” kata Hatta usai rapat kerja RUU Tabungan Perumahan, di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Menurut Hatta, investasi terbesar Perancis di Indonesia adalah oil gas, otomotif, dan energy.  Namun, ia belum dapat memperkirakan nilai investasi yang nantinya akan dibicarakan Menteri Perdagangan Luar negeri Perancis.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Prancis saat ini sedang menjajaki proyek kereta super cepat dan Mass Rapid Transit (MRT) di Indonesia. Soal penjajakan kerjasama proyek kereta super cepat dan MRT, telah disampaikan oleh Menteri Perdagangan luar Negeri Prancis saat bertemu Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono di Kantor Kementerian Perhubungan, selasa kemarin.

“Selama kunjungan saya dan Wakil Menteri, dan saya akan membicarakan kemungkinan proyek lainnya (selain elektrifikasi kereta). Saya bertekad untuk mendorong proyek lainnya,” ujar Nicole seperti dikutip situs resmi kementerian perekonomian, Rabu (5/6/2013).

Sementara itu Wamenhub Bambang Susantono mengatakan kunjungan para delegasi Perancis tersebut untuk menjajaki dilakukan kerjasama proyek lain, di luar Bandung Urban Railway Transport Development dan Electrification Padalarang – Cicalengka Line Project. Pemerintah Prancis sepakat memberi pinjaman Rp 1,71 triliun untuk proyek tersebut.

Berita Terkait

BAGIKAN