2013, Indonesia Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 6,3 Persen

Jakarta, Sayangi.com – Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 6,3 persen. Hal ini didapat setelah pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI akhirnya menyepakati target tersebut dalam rapat kerja pembahasan asumsi makro RAPBN-P 2013, Selasa (4/6/2013).

“Asumsi pertumbuhan ekonomi pada APBN-P 2013 kita sepakati sebesar 6,3 persen,” kata Ketua Banggar Ahmadi Noor Supit, Rabu (5/6/2013).

Menurut Ahmadi, catatan kesepakatan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen itu telah disetujui oleh enam fraksi, yaitu Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Kebangkita Bangsa, dan Fraksi Partai Hanura.

“Sedangkan ketiga fraksi lainnya seperti, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah memberikan catatan untuk kemudian dilakukan pembahasan di Panja,” jelasnya.

Sekedar informasi, sebelumnya pemerintah mengusulkan angka pertumbuhan ekonomi ini sebesar 6,2 persen hingga 6,5 persen di RAPBN-P 2013.

Sementara itu, Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan bahwa kesepakatan tersebut merupakan angka realistis dan kredibel. Ia mengacu pada pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,02 persen di triwulan I-2013.

“Tentu kita semua baik pemerintah maupun DPR ingin pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dan penting juga untuk kita untuk membuat angka yang kita sepekati ini memang kredibel, sehingga menunjukan pelaku usaha asing maupun domestik, bahwa pemerintah dan DPR sensitif terhadap (perkembangan) situasi yang terjadi,” jelasnya.