Presiden Akan Kunjungi Kapal Greenpeace

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mengunjungi kapal yang dioperasikan para aktivis lingkungan Greenpeace, Rainbow Warrior III di Dermaga 105 dan 106, Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat pagi (7/6) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapal Rainbow Warrior berlabuh di Tanjung Priok Kamis (6/6), setelah pelayaran dari Papua. Kapal para aktivis lingkungan ini memiliki misi utama kampanye pelestarian kenekaragaman hayati di laut dan di darat Indonesia.

Kedatangan kapal ini disemarakkan dengan pameran lingkungan di Tanjung Priok. Kapal ini akan dibuka secara umum tanggal 8-9 Juni 2013, guna mendorong kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Rainbow Warrior merupakan satu dari tiga buah kapal yang digunakan Greenpeace untuk menjalankan aksinya menentang perusakan lingkungan saat ini. Dua kapal lainnya, Arctic Sunrise dan Esperanza beraksi di belahan Bumi utara hingga ke kutub.

Rainbow Warrior III merupakan reikarnasi dari kapal yang dioperasikan Greenpeace dengan nama yang sama. Kapal pertama Rainbow Wrarior ditenggelamkan dengan bom di pelabuhan Auckland, Selandia Baru, pada 10 Juli 1985, saat menentang percobaan nuklir Prancis yang dilakukan di Pulau Muroroa, sekitar Polynesia.

Untuk menggantikannya, Greenpeace mengoperasikan Kapal Rainbow Warrior II pada 1989 dan diistirahatkan pada 2011. Rainbow Warrior II telah mengunjungi Indonesia tiga kali pada 2004, 2005 dan 2007. (HST/ANT)