DPR Kecewa Empat Menteri Tak Datang Rapat Bahas Masalah TKI

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Poempida Hidayatulloh kecewa atas ketidakhadiran empat menteri dalam rapat gabungan bersama Komisi IX DPR RI. Radahal, rapat gabungan itu sangat serius di tengah permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kerap terulang belakangan ini, seperti di Arab Saudi.

“4 Menteri tidak hadir dalam agenda Rapat Kerja Gabungan dengan Komisi IX menunjukkan tidak seriusnya Pemerintah dalam merespon masalah amnesti TKI di Arab Saudi,” kata Poempida melalui pesan singkatnnya kepada Sayangi.com, Rabu (13/4/2013).

Menurut Poempida, sesuai dengan undang-undang MD3, empat menteri itu mestinya hadir dalam rapat karena yang dihasilkan dalam Raker komitmen dari para Menteri dalam mengatasi masalah-masalah yang senantiasa muncul dalam konteks Pengiriman, Perlindungan dan Pemulangan TKI ke depan.

“Tidak hanya menyelesaikan masalah Amnesti di Saudi Arabia saja. Apabila kemudian Menteri tidak hadir, kesimpulan Rapat dalam bentuk komitmen tidak akan ada. Sehingga Kami dari Fraksi Golkar menolak untuk melanjutkan Rapat dengan wakil Menteri dan perwakilan Menteri yang hadir,” katanya

Diketahui, Empat menteri yang tidak hadir pada rapat gabungan itu adalah Menteri tenaga Kerja Indonesia dan Transmigrasi, Menteri Agama, Menteri Hukum dan Hak Asazi Manusia dan Menteri Luar Negeri. (Hurrri Rauf)