PLN Komitmen Gunakan Produk dan Jasa Lokal

Jakarta, Sayangi.com – Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 54 tahun 2012, PT PLN (Persero) mensyaratkan agar para investor menggunakan produk dan jasa lokal tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Dalam peraturan tersebut telah dimuat secara rinci tentang batasan minimal penggunaan komponen dalam negeri yang harus ada dalam setiap kegiatan pembangunan pembangkit, gardu induk, jaringan transmisi, dan distribusi tenaga listrik.

“Komitmen untuk mengawali produk lokal ini telah dilaksanakan sejak 1 Maret 2013. PLN menerapkan persyaratan penggunaan produk di dalam negeri secara lebih tegas bagi setiap perusahaan atau pun investor yang akan melakukan investasi di sektor ketenagalistrikan, baik yang dilakukan dalam membangun proyek-proyek milik PLN maupun yang dilakukan sendiri atau Independent Power Producer,” ujar Direktur Utama PLN Nur Pamudji, di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Nur melanjutkan, kebijakan menggunakan produk dalam negeri adalah untuk kepentingan PLN sendiri. Hal ini terkait kebutuhan dan jaminan aset sales service sehingga apabila ada masalah dengan produk tersebut penanganannya akan cepat segera dilakukan.

“Produk yang dipakai PLN pabriknya harus berada di Indonesia. Kalau produk dan pabriknya ada di Indonesia, PLN bisa mengawasi kualitasnya dengan cara misalnya menempatkan inspektur quality control atas kontrak pembelian atau pengadaan dalam skala tertentu,” terangnya. (Nur Fahmi)

Berita Terkait

BAGIKAN