Pewarnaan Rambut Picu Kanker Darah

Jakarta, Sayangi.com – Gemar mewarnai rambut? Mewarnai rambut dan mengubah tatanan rambut memang menjadi trend dikalangan masyarakat urban. Memang tampak indah dan menawan apabila kita dapat merubah warna rambut kita yang juga akan mempengaruhi penampilan kita.Tapi apakah aman jika kita sering merubah warna rambut? Kita juga harus berhati – hati karena ternyata bahan kimia yang terkandung didalam pewarna rambut dapat mengancam kesehatan. Sekalipun kita melakukannya di salon kenamaan dan dengan merk ternama, tetap saja bahaya dari cat rambut tersebut mengintai kesehatan kita. 

Dikatakan bahwa, wanita yang melakukan pewarnaan rambut lebih dari 9 kali dalam setahun dapat memiliki resiko 60 persen untuk terkena kanker darah. Terlebih lagi bila digunakan dalam jangka waktu yang lama dan berkepanjangan maka dapat juga terkena kanker kandung kemih. Namun masih saja banyak perempuan yang tetap menggunakan pewarnaan rambut untuk melengkapi kecantikannya.

Mengenai bagaimana cara atau kapan bahaya tersebut mulai mengancam ketika kita melakukan pewarnaan rambut adalah, pada saat ketika cat rambut itu diaplikasikan pada rambut kita dan menyentuh permukaan kulit kepala kita. Pada saat itulah bahan kimia yang disebut amina sekunder, dimana menurut Dr. Emma Meredith dari Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association, penggunaan amina sekunder telah dilarang. Disaat amino tersebut sudah menyentuh ke permukaan kulit kepala kita artinya senyawa tersebut pun perlahan mulai menembus kulit dan menetap selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan tahunan. Kemudian seiring berjalannya waktu, senyawa kimia tersebut akan bereaksi bersamaan dengan asap tembakau dan asap kendaraan dari lingkungan yang membentuk bahan kimia beracun: N-nitrosamin, yang dapat memicu munculnya sel kanker. Jadi masih ingin mewarnai rambutmu untuk tampil cantik? (FIT/Health.india.com)

Berita Terkait

BAGIKAN