Jika Mangkir Lagi, Ketua Komisi IX Siap Panggil Paksa Para Menteri

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengancam akan memanggil paksa para menteri yang mangkir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI  hari ini.  

Rapat itu sedianya akan membahas mengenai amnesti dari Pemerintahan Saudi Arabia kepada tenaga kerja Indonesia dan evaluasi kerusuhan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Arab Saudi.

“Kami jadwalkan ulang hari Selasa, kalau tidak datang tiga kali akan dipanggil paksa”, Kata Ribka Tjiptaning via telepon kepada Sayangi.com.

Pemanggilan paksa ini dimungkinkan karena telah diatur dalam Pasal 72 UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, dan pasal 190 Tata Tertib DPR RI.

Dia menjelaskan pada rapat tadi pagi beberapa  fraksi bersepakat untuk dilakukan penjadwalan ulang rapat kerja dengan empat kementerian tersebut pada hari Selasa (18/6) yang akan datang.

“Semua fraksi kecuali Demokrat dan PPP sepakat menolak utusan menteri dan menjadwalkan kembali rapat kerja  pada Selasa pekan depan”, Katanya.

Seperti diberitakan, empat menteri yang terkait dengan kasus di KJRI Jedah diundang rapat kerja dengan Komosi IX DPR RI pagi ini namun semuanya berhalangan hadir dan hanya mengutus perwakilannya. Keempat menteri itu adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Agama, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Hukum dan HAM. (S2)