Semua Tersangka Hambalang Pasti Ditangkap

Jakarta, Sayangi.com – Semua tersangka Hambalang pasti ditahan, tegas Juru Bicara KPK Johan Budi, di kantornya, Rabu (13/6).

Ucapan Johan Budi itu terkait pertanyaan wartawan, kapan tersangka lainnya dijebloskan ke penjara. “Sebelum kasus ini dinaikkan ke tahap dua atau dilimpahkan ke penuntutan, tentu terhadap para tersangka akan dilakukan penahanan,”

“Tapi belum tahu kapan persisnya mereka akan ditahan karena tentu hanya penyidik yang tahu,” tambah Johan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, lepas maghrib tadi, KPK menjebloskan mantan Kabiro Perencanaan Kemenpora ke rumah tahanan KPK. Tindakan KPK itu seolah menjawab pertanyaan masyarakat, hampir setahun Dedy ditetapkan sebagai tersangka kenapa tidak ditahan-tahan?

Biar adil, kini masyarakat berharap, mantan Menteri Olahraga Andi Alfian Mallarangeng, Direktur Operasional I PT Adhi Karya (persero) Teuku Bagus Mukhamad Noor dan mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, juga harus ditahan.

Ketiga tersangka lainnya dalam kasus Hambalang itu belum ditahan, ungkap Ketua KPK Abraham Samad, sebab KPK masih menunggu hasil penghitungan kerugian negara tahap lanjut oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Namun Johan buru-buru menegaskan, penahanan tersangka tidak berkaitan secara langsung dengan penghitungan kerugian negara. “Kemarin memang ada pernyataan bahwa masa penahanan itu terbatas, sementara belum diketahui sejauh mana selesainya pengitungan kerugian negara itu. Jadi bukan karena belum selesai dihitung kemudian belum ditahan,” ujar Johan.

Johan juga menjelaskan, ditahan tidaknya seorang tersangka korupsi, tergantung dari subjektifitas dan objektifitas penyidik, bukan karena belum selesainya penghitungan kerugian negara. (Bara)