Tuntut Pendidikan Tinggi Gratis, Mahasiswa Demo Presiden Chilli (Lagi)

Chilli, Sayangi.com – Mahasiswa Chilli kembali melakukan demonstrasi yang menuntut pendidikan yang berkualitas serta pendidikan tinggi yang gratis. Aksi massa itu berakhir ricuh. beberapa mahasiswa Chilli terlihat melempar bom molotov dan batu ke arah polisi seperti yang terlihat dalam video singkat kontributor Reuters di Chilli. Sementara aparat kepolisian menggunakan water canon untuk membantu menertibkan aksi massa. Beberapa mahasiswa diseret dan ditangkap oleh pihak kepolisian atas aksi mereka.

Menurut laporan kepolisian lokal, jumlah mahasiswa yang berdemonstrasi diperkirakan mencapai 45 ribu orang. Sementara koordinator lapangan mahasiswa mengatakan ada lebih dari 80 ribu mahasiswa dan kelompok masyarakat yang terlibat dalam aksi tersebut. Awalnya aksi tersebut berlangsung  damai saat mereka berjalan melalui jalan-jalan di pusat Santiago dengan membawa spanduk menuntut pendidikan tinggi gratis dan mengutuk Presiden konservatif Sebastian Pinera.

Mahasiswa, kelompok menengah dan universitas,menyerukan pendidikan gratis dan berkualitas untuk masyarakat Chili sejak  2011. Protes tersebut dilakukan karena sikap konservatif Pinera yang tidak berpihak pada masyarakat luas. Selain itu, mereka juga menginginkan tuntutan mereka yang terkait dengan pendidikan dapat segera direalisasikan. Banyak dari peserta protes tersebut ditangkap. Namun, hingga kini belum ada laporan resmi berapa mahasiswa yang ditangkap dalam setiap aksi yang membawa issue pendidikan tersebut. (FIT/Reuters)