Tumbangkan Unggulan Ketiga China, Hayom Rumbaka ke Semifinal

Jakarta, Sayangi.com – Harapan tuan rumah Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka melaju ke semifinal setelah menyingkirkan unggulan ketiga Du Pengyu asal China melalui pertarungan rubber-game 21-15, 15-21, 21-9 di perempat-final kejuaraan bulutangkis Djarum Indonesia Terbuka di Istora Senayan Jakarta, Jumat.

Di semifinal, Sabtu, Hayom yang saat ini berperingkat 24 itu akan menantang pemenang antara unggulan teratas Lee Chong Wei dari Malaysia dan unggulan delapan Bonsak Ponsana (Thailand).

Kemenangan Hayom tersebut membuat negara raksasa China untuk pertama kalinya tidak menyisakan satu pun wakil di babak empat besar tunggal putra.

Kegagalan total China tersebut menyusul tumbangnya unggulan kedua Chen Long dari Tommy Sugiarto di babak pertama dengan skor telak 11-21, 18-21.

Secara keseluruhan, China menurunkan empat tunggal putra dan dua pemain lainnya adalah non-unggulan Wang Zhengming dan Chen Yuekun.

Seperti pada dua pertandingan lainnya, Hayom pun harus melewati pertarungan dengan rubber-game dan anggota Tim Piala Sudirman 2012 di Kuala Lumpur tampil penuh percaya diri di harapan sekitar 10.000 penonton yang memadati Istora Senayan.

Tuan rumah Indonesia berpeluang meloloskan dua wakil ke babak empat besar jika Tommy Sugiarto lolos dari hadangan Gurusaidutt R.M.V asal Indonesia.

Namun sukses di tunggal putra tidak diikuti oleh rekan putri mereka karena tidak menyisakan satu pun wakil di babak semifinal menyusul kekalahan Belaetrix Manuputi dari Pui Yin Yip (Hongkong).

Meski mendapat dukungan penuh penonton, Beleatrix akhirnya menyerah 21-16, 21-23, 20-22 setelah bertarung selama satu jam 12 menit. (RH/ANT)