Antusias Pilpres: Rakyat Dukung Sistem Republik Islam Iran

Qom, Sayangi.com – Ketua Majlis (Parlemen) Iran Ali Larijani mengatakan di Qom Jumat bahwa tingginya jumlah pemilih yang ikut ambil bagian dalam pemilihan hari ini adalah simbol dukungan terhadap sistem Republik Islam Iran.

Berbicara kepada para wartawan setelah memberikan suaranya untuk pemilihan presiden ke-11 dan dewan kota keempat, Larijani mengatakan “pemilu dan kehadiran rakyat” dalam pemilihan ini penting bagi dua pilar kekuatan negara.

Dia meminta presiden berikutnya untuk membantu memperbaiki situasi ekonomi saat ini di negara itu. Presiden berikutnya juga harus mendukung gerakan Kebangkitan Islam, kata Larijani.

Mengacu pada beberapa tekanan internasional pada negara, ia mengatakan negara-negara asing memiliki mata dalam hal kehadiran bangsa Iran dalam pemilu yang sedang berlangsung.

Partisipasi aktif dalam pemilu dapat membantu menciptakan suasana yang menguntungkan negara di arena internasional, kata Larijani.

Sekitar 51 juta orang Iran berhak untuk mengambil bagian dalam pemilihan presiden.

Enam kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden adalah Ketua Dewan Kebijaksanaan Pusat untuk Strategic Penelitian Hassan Rohani, Sekjen Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Saeed Jalili, Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Mohsen Rezaei, Walikota Qalibaf Teheran Mohammad Baqer, mantan menteri luar negeri Ali Akbar Velayati, dan mantan menteri telekomunikasi Mohammad Gharazi.

Mantan Ketua Majlis Gholam Ali Haddad Adel dan mantan wakil presiden pertama Mohammad Reza Aref menarik pencalonan mereka pada awal pekan ini. (FIT/Ant)