Jokowi Blusukan di Malaysia

Kuala Lumpur, Sayangi.com – Supaya Jakarta sebersih Malaysia, Gubernur DKI Jakarta
Joko Widodo (Jokowi) langsung terbang ke negeri jiran.

Setelah basa-basi protokoler, Jokowi dengan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno, Jumat (14/6), langsung blusukan menyusuri pusat perbelanjaan di Jalan Bukit Bintang, Kuala Lumpur, mencari tahu bagaimana penguasa setempat membuat kotanya sebersih itu.

Berdasarkan agenda yang disusun, kunjungan Jokowi ke Kuala Lumpur itu, pertama,ingin melihat secara langsung pengelolaan monorel, dan kedua, mempromosikan potensi wisata Jakarta. Namun mumpung di sana, Jokowi pun menyempatkan diri belajar dalam banyak hal,terutama kebersihan kota, di ibukota negeri jiran itu.

Tentang kebersihan, Jokowi tidak menampik, itu terkait dengan budaya masyarakat setempat yang sadar pentingnya kebersihan. Maka sesampai Jakarta nanti, Jokowi bertekad mengubah budaya masyarakat Jakarta agar lebih mencintai kebersihan, meskipun itu diakuinya tidak mudah.

“Ya, memang ndak mudah to, lha wong kita berhadapan dengan kebiasaan masyarakat yang berlangsung cukup lama. Tapi Insya-Allah, pemerintah DKI akan mengusahakan,” tutur Jokowi kepada kontributor Sayangi.com di Malaysia. (Rhd)