Warga Iran di Amerika Berbondong-bondong Ikuti Pemilu

Los Angeles, Sayangi.com – Masyarakat Iran yang ada di Amerika akan diajak untuk melakukan jajak pendapat dan memberikan suara mereka untuk Pemilihan Umum yang dilakukan hari ini.

Sejak tahun 2009, tercatat masyarakat Iran tersebar di 41 lokasi di seluruh AS tahun ini. sebagian lokasi sudah dijadikan tempat pemungutan suara dan pemilih diperkiran akan lebih rendah.

Beberapa analisis menyebutkan bahwa adanya kontroversi seputar pemilu Iran empat tahun lalu menjadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah pemilih di Iran. Saat itu, warga Iran berbondong-bondong turun ke jalan untuk mendukung calon reformis, Mir Hossein Mousavi, dan memprotes Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang terpilih kembali.

Sejumlah besar orang muda protes di kota-kota besar. Beberapa dari mereka membawa poster bertuliskan “Dimana suara saya?” Bentrokan meletus antara aktivis dan polisi yang berubah menjadi semakin beringas.

“Baik disini (Amerika) ataupun di Iran sendiri, orang kehilangan kepercayaan terhadap nilai suara mereka,” kata Reza Aslan, asisten senior di Dewan Hubungan Luar Negeri.

Tahun ini, ada enam orang yang menjadi kandidat calon presiden: Hashem Rowhani, Mohsen Rezai, Saeed Jalili, Mohammad Gharazi, Mohammad Qalibaf dan Ali Akbar Velayati.

Sensus AS menunjukkan sekitar 414.000 warga Iran tinggal di AS. California memiliki paling banyak warga Iran sekaligus menjadi tempat paling banyak untuk pemungutan suara dari 20 tempat pemungutan suara yang ada di seluruh negeri. Selain daerah Los Angeles, San Diego dan San Francisco, kota di mana pemungutan suara akan diselenggarakan termasuk New York, Chicago dan Washington, DC

Siapapun yang memiliki paspor Iran yang valid dapat memilih di lokasi pemungutan suara, sebagian besar diadakan di hotel dan masjid dan dijalankan oleh relawan Iran.  Situs Voting terus berubah pada malam pemilihan. Kamis dini hari, dua stasiun Los Angeles telah terdaftar di website pemilu Iran, tapi salah satu dari tempat itu dihapus malam menjelang pemilihan. Para pejabat pemilu Iran mengatakan lokasi tempat pemungutan suara kedua tidak akan diketahui sampai hari pemilihan. (FIT/Washingtonpost.com)