Akhir Pekan, Rupiah Kembali Menguat

Jakarta, Sayangi.com – Nilai tukar rupiah pada akhir pekan menguat sebesar 10 poin terhadap dolar AS. Penguatan ini merespon langkah BI yang telah menaikan suku bunga.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore bergerak menguat sebesar 10 poin menjadi Rp9.880 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.890 per dolar AS.

“Naiknya BI rate merupakan salah satu antisipasi untuk membantu rupiah keluar dari tekanan dolar AS ke depannya,” kata pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Ruly Nova di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Ia menambahkan, peluang rupiah untuk kembali berada di area positif diperkirakan masih berlanjut pada pekan depan.

“Namun, hal yang perlu juga dicermati yakni pembayaran utang swasta ke luar negeri, kondisi itu akan meningkatkan permintaan dolar AS,” kata dia.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada menambahkan, penguatan rupiah juga membantu kinerja harga saham domestik setelah mengalami tekanan cukup signifikan.

“Adanya kenaikan BI rate sebanyak 25 bps menjadi 6,00 persen cukup ampuh menguatkan mata uang Garuda hari ini,” kata dia.

Ia menambahkan sebelumnya suku bunga Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (FASBI) juga telah dinaikkan sebesar 25 bps ke level 4,25 persen.
Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Jumat ini, tercatat mata uang rupiah bergerak menguat menjadi Rp9.886 dibanding sebelumnya (13/6) di posisi Rp9.887 per dolar AS.

Berita Terkait

BAGIKAN