Libya Taklukan Togo Pada Laga Kontroversi

Tripoli, Sayangi.com – Libya memimpin klasemen di puncak grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan 2-0 atas Togo di Tripoli yang mengakhiri harapan tim tamu untuk mencapai putaran final tahun depan di Brazil. Kemenangan tersebut menempatkan Libya pada sembilan poin di puncak Grup I, unggul tiga poin dari Kamerun.

Dua gol Libya di sumbangkan Faisal Saleh melalui titik penalti saat pertandingan baru berjalan 7 menit. Sementara satu gol lagi terjadi melalui Komlan Amewou empat menit kemudian.

Laga yang di gelar di ibukota Tripoli ini di warnai kontroversi. Sebelumnya pertandingan telah di pindahkan dari Benghazi setelah setidaknya 30 orang tewas dalam bentrokan di kota akhir pekan lalu. FIFA menolak permintaan Togo untuk mengelar laga di tempat netral.  Sebagai protes dua pemain Togo, Alaixys Romao dan Jonathan Ayite mengundurkan diri dari skuad.

Romao telah memperingatkan bahwa para pemain negara itu takut pengalaman mengerikan di Piala Afrika 2010.
Saat itu, tiga orang, termasuk dua anggota delegasi Togo, dibunuh oleh senapan separatis ketika bus timnas Togo bertolak ke daerah kantong Angola, Cabinda untuk pertanidngan penyisihan grup di Piala Afrika tiga tahun lalu.

“Aku tidak akan pergi ke Libya di mana aku tidak akan merasa aman – bahkan di Tripoli – kecuali jika Sepp Blatter berjalan dengan kami, tidur di hotel sama seperti kita dan duduk di ruang istirahat kami.” kata Romao pada harian L’Equipe awal pekan ini

Striker Emmanuel Adebayor dan kiper Kossi Agassa juga hilang dari skuad Togo setelah mereka dilaporkan menolak untuk bermain dalam kemenangan 2-0 pekan lalu atas Kamerun.

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika pada Jumat (14/6): Grup I Di Tripoli Libya 2 (Saleh 7-pen, Amewou 18-og) Togo 0 Pertandingan Minggu Di Kinshasa Republik Demokratik Kongo v Kamerun 14.30GMT Klasemen Libya 5 2 3 0 5 2 9 Kamerun 4 2 0 2 4 5 6 DR Congo 4 1 2 1 2 1 5 Togo 5 1 1 3 4 7 4 Catatan: juara grup berkualifikasi lolos ke babak play-off. (RH)