Berunding: Perdamaian Timur Tengah di Tangan Abbas dan Ashton

Ramallah, Sayangi.com – Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton Rabu malam membahas upaya-upaya Amerika Serikat untuk melanjutkan perundingan perdamaian Timur Tengah.

Satu pernyataan resmi Palestina dikeluarkan setelah pertemuan di Ramallah mengatakan, Abbas dan Ashton menegaskan bahwa menghentikan pembangunan pemukiman dan melepaskan tahanan Palestina akan menciptakan suasana yang lebih baik untuk melanjutkan pembicaraan.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pembicaraan serius harus dimulai untuk mencapai harapan dan aspirasi rakyat Palestina untuk mendirikan negara Palestina merdeka.

Abbas menegaskan bahwa selama pertemuan, Palestina tertarik untuk mensukseskan upaya AS guna menyelamatkan proses perdamaian dan melanjutkan pembicaraan yang mengarah kepada mengakhiri pendudukan militer Israel dan mendirikan negara Palestina.

Menurut pernyataan itu, Ashton juga menegaskan bahwa Uni Eropa mendukung upaya AS, dan menambahkan bahwa sikap Uni Eropa jelas dalam laporan yang diterbitkan mengenai dukungannya terhadap proses perdamaian dan solusi dua-negara.(FIT/Ant)