Valverde Gantikan Bielsa Latih Bilbao

Madrid, Sayangi.com – Ernesto Valverde akan melatih Athletic Bilbao mulai musim mendatang, kata klub Spanyol itu dalam pernyataan mereka, Kamis.

Valverde (49) akan diperkenalkan Jumat sebagai pengganti pelatih dari Argentina, Marcelo Bielsa, yang tidak ditawari perpanjangan kontrak setelah dua tahun menjalankan tugasnya di klub itu.

Mantan pemain Bilbao, Valverde, meninggalkan Valencia awal bulan ini setelah menggantikan Mauricio Pellegrino pada paruh waktu kedua musim lalu, tetapi ia tidak mendapat perpanjangan kontrak bagi klub di kawasan pantai timur itu.

Valverde kembali datang untuk kedua kalinya ke Bilbao, setelah sebelumnya bekerja di akademi yunior, kemudian melatih tim inti selama dua musim pada 2003-05.

Pada tahun pertamanya di klub itu, ia membawa mereka ke urutan kelima kompetisi La Liga serta ke Piala UEFA, kemudian pada tahun kedua mereka berada di urutan kesembilan dan maju ke babak semi final kompetisi Piala Raja.

Ia membawa Espanyol ke putaran final Piala UEFA pada 2007 dan memenangi tiga gelar juara kompetisi liga serta dua piala domestik besama klub Yunani Olympiakos Piraeus.

Karena kurang berhasil bersama Villarreal, pada masa kampanye musim 2009-10, kontraknya tiga musim bersama Olympiakos terputus dan ia meninggalkan Yunani pada 2012. (RH)