Rio Haryanto Incar Poin di Silverstone

Semarang, Sayangi.com – Pebalap muda asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto menyatakan kesiapannya tampil pada lomba balap mobil seri kelima GP2Series di Silverstone, Inggris, 28-30 Juni 2013.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jumat, mengatakan Rio sudah berangkat ke Valencia, Spanyol, (base campnya tim Addax Barwa) beberapa hari lalu.

Bahkan, kata dia, pebalap berusia 20 tahun ini juga sudah mengikuti workshop dengan timnya Addax Barwa pada Senin (17/6). “Dia berada di Valencia selama tiga hari untuk menjalani simulasi dan pertemuan-pertemuan dengan mekanik timnya,” katanya.

Setelah itu, lanjut dia, persiapan Rio dilanjutkan ke Barcelona, Spanyol selama sekitar lima hari. “Di Barcelona ini, Rio menjalani latihan fisik bersama pelatih fisik dari Addac Barwa yaitu Moises Villa dan Xavi Martos,” katanya.

Kemudian pada Rabu (26/6), lanjut dia, Rio Haryanto sudah berada di Silverstone, Inggris, untuk menjalani persiapan akhir sebelum tampil pada seri kelima musim loba tahun ini.

“Kami berharap semoga persiapan bisa lancar dan Rio bisa menunjukkan penampilan terbaiknya di Silverstone mendatang,” katanya menegaskan.

Seri kelima lomba balap mobil GP2Series tersebut dilangsungkan selama tiga hari yaitu 28-30 Juni 2013 dengan menempuh sirkuit sepanjang 5.891 kilometer.

Pada Jumat (28/6) dilangsungkan babak kualifikasi untuk menentukan nomor urut start para pebalap, kemudian pada Sabtu (29/6) dilangsungkan race pertama atau feature race dengan menempuh 29 putaran sejauh 170,839 kilometer.

Kemudian pada hari terakhir atau Minggu (30/6) menjalani race kedua atau sprint race sebanyak 21 putaran sejauh 123,711 kilometer.

Sampai dengan selesainya seri keempat di Monaco, Rio Haryanto menempati posisi ke-22 klasemen sementara dengan nilai dua yang diraih saat tampil pada seri ketiga di Sirkuit Catalunya, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto di Addax Barwa, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig berada pada urutan ke-24 dan sampai kini belum mendapatkan nilai.

Peringkat pertama masih ditempati pebalap asal tim Rapax S Coletti dengan nilai 120 kemudian disusul pebalap tim Carlin F Nasr dengan nilai 96, dan ketiga ditempati pebalap tim Russian Time dengan nilai 58.

Sementara secara tim, posisi pertama ditempati Rapax dengan total nilai 128, disusul Carlin di posisi kedua dengan total nilai 127, sedangkan ketiga ditempati Russian Time dengan total nilai 80.

Usai tampil di Silverstone, Inggris, kemudian dilanjutkan seri keenam di Nurbugring, Jerman (5-7 Juli), seri ketujuh di Budapest, Hongaria (26-28 Juli), selanjutnya di Spa-Francorchamps Belgia (23-25 Agustus), Kemudian di Monza (6-8 September), Singapura (20-22 September), dan seri terakhir atau ke-11 berlangsung di Sirkuit Yas Marina Uni Emirat Arab (1-3 November 2013). (RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN