Pemerintah Resmi Umumkan Harga Baru BBM

Jakarta, Sayangi.com – Menteri ESDM Jero Wacik resmi mengumumkan harga baru premium sebesar Rp6500 per liter dan solar Rp5500 per liter berlaku mulai Sabtu pukul 00.00 WIB. Pengumuman kenaikan harga BBM ini dihadiri 22 Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/6/2013)

Sebelum Jero Wacik mengumumkan harga baru BBM, Menko Perekonomian Hatta Rajasa memberikan penjelasan bahwa Pemerintah menyadari kenaikan harga BBM akan berdampak pada inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat. “Ini adalah pilihan yang amat sulit dan merupakan alternatif terakhir,” kata Hatta.

Hatta mengakui bahwa penaikan harga ini akan disertai dengan program-program pemerintah. Program tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat. “Kita menyiapkan program-program perlindungan sosial dan pembangunan infrastruktur dasar, menyertai program penyesuaian harga BBM tersebut,” jelasnya.

Di antara program yang diagendakan pemerintah adalah Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Bantuan akan diberikan secara bertahap mulai Sabtu ini di sejumlah kota dengan total sasaran sekitar 15,5 juta keluarga, masing-masing Rp150.000 per bulan selama empat bulan.

Beberapa menteri yang hadir dalam konferensi pers ini adalah Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menristek Gusti M. Hatta, Kapolri Timur Pradopo, Menteri Pertanian Suswono, Menkopolhukham Djoko Suyanto, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Berita Terkait

BAGIKAN