DPR: Soal Kebakaran Hutan, Singapura Jangan Salahkan Indonesia

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron menegaskan, Pemerintah Singapura seharusnya sadar akan dampak kebakaran hutan, sebagaimana terjadi di Riau. Karena ini bukan kali pertama terjadi.

Kebakaran hutan di Riau itu kabut asapnya memang berpotensi mengganggu aktivitas penduduk negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Namun, “Singapura mestinya sudah sadar bahwa ada dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan itu, yaitu polusi udara yang disebabkan asap. Karena sudah terjadi bukan kali ini saja,” kata Herman di Jakarta, Sabtu (22/6).

Masih kata Herman, Pemerintah Singapura mestinya bisa membangun kerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan. Kerjasama itu, katanya, sangat penting dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Kerjasama antara dua negara itu, bisa saja melalui pembinaan dan tindakan preventif.

“Dan kalau sudah terjadi tentunya sudah ada emergency planning untuk secara bersama-sama Singapura dan Indonesia memadamkannya. Hubungan bilateral sebagai negara tetangga semestinya dibangun secara baik, saling menguntungkan, tidak saling menyalahkan, dan membangun kebersamaan,” katanya. (MSR)