Rousseff: Piala Dunia 2014 Tetap di Brazil

Rio de Janeiro, Sayangi,com – “Saya tidak akan mengorbankan uang pajak, dana kesehatan dan pendidikan hanya untuk ajang piala dunia,” tegas Presiden Brazil, Dilma Rousseff dalam pidato yang disiarkan secara nasional di televisi dan radio ketika disinggung darimana ia mendapatkan dana untuk menyelenggarakan piala dunia yang hebat.

Presiden Dilma membela pelaksanaan ajang Piala Dunia pada tahun depan, dengan mengatakan Brasil akan menyambutnya secara antusias. “Kami akan memperlakukan tamu kita dengan hormat dan akan menggelar acara Piala Dunia secara hebat,” katanya.

Dalam pidatonya, yang direkam terlebih dulu dan disiarkan secara nasional di televisi dan radio, Presiden Dilma Rousseff mengatakan, dia mendengarkan tuntutan para demonstran. Ia pun membantah penyelenggaraan Piala Dunia 2014 menyedot uang hasil pajak. Menurutnya, uang untuk menyelenggarakan piala dunia dibiayai oleh perusahaan-perusahaan yang mengambil keuntungan dengan memasang iklan di seluruh sudut stadion dan areka lainnya.

Dia berjanji untuk menemui para pemimpin pengunjuk rasa, dan mengatakan dia membutuhkan “kontribusi mereka, energi mereka dan kemampuan mereka”.

Unjuk rasa yang terus meluas ini sempat dikhawatirkan akan menggagalkan Piala Konfederasi 2013 yang sedang digelar di Brasil.
Namun FIFA menyatakan tidak akan membatalkan Piala Konfederasi, walaupun protes anti pemerintah menyebar di seluruh pelosok negara itu. (FIT/bbc.co.uk)