Bung Karno “Hidup Lagi” di Bandung

Bandung, Sayangi.com – Jangan salah paham, tidak ada reinkarnasi Bung Karno. Yang ada hanya pameran foto langka dan pemutaran film tentang Bung Karno. Diharapkan, semua itu bisa “menghidupkan kembali” sosok Bung Karno, yang Juni ini hari lahirnya diperingati.

Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Kembang memang sedang menggelar pameran 100 foto langka Bung Karno yang jarang dipublikasikan, hasil jepretan fotografer Demas Korompos dan Inen Kusnan. “Pameran ini refleksi 112 Tahun Bung Karno, foto-foto langka itu dipajang guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan sejarah Indonesia, terutama pada fase perjuangan diplomasi Indonesia,” kata Kepala Museum KAA Thomas Ardian Siregar di Bandung, Sabtu (22/6).

Pameran foto yang akan berlangsung 10 hari tersebut memamerkan sekitar 100 foto langka dan jarang dipublikasikan. Demas Korompis merupakan fotografer yang getol mengkaji dan mengoleksi foto Bung Karno. Sedangkan Inen Rusnan merupakan juru foto termuda KAA 1955.

Menurut Thomas, pameran foto langka Bung Karno yang belum pernah dipublikasikan itu bisa menjadi saksi atas semangat, gagasan, serta implementasi Bung Karno. Selain itu, ia menjelaskan, foto-foto langka tersebut bisa menjadi media edukasi, pewarisan semangat, sejarah serta refleksi spirit membangun karakter generasi muda. “Pameran foto ini bisa menjadi media rekreasi serta pembelajaran bagi para pengunjung,” kata Thomas.

Ia menambahkan, Juni merupakan bulan yang sangat cocok untuk diadakannya pameran foto langka Bung Karno. “Banyak momen bersejarah yang terjadi di bulan Juni, mulai dari bulan lahirnya Bung Karno, lahirnya Pancasila, sampai wafatnya Bung Karno,” kata Thomas saat memberikan sambutan pembukaan pameran foto langka Bung Karno itu.

Selain dibukanya pameran foto langka Bung Karno, KAA juga menggelar pemutaran dan diskusi film Bung Karno yang bekerja sama dengan Komunitas Film Layar Kita. (MSR/ANT)