Wow… Eceran Bensin Tembus Rp8.000/Liter

Pangkalpinang, Sayangi.com – Harga bensin eceran di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencapai Rp8.000 per liter. Harga itu naik Rp2.000 per liter dari sebelumnya Rp6.000 per liter.

“Kami menaikkan harga bensin, karena pada Jumat (21/6) pukul 00.00 WIB harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU naik Rp6.500 dari sebelumnya Rp4.500 per liter,” kata pedagang besin eceran, Sri Wahyuni di Pangkalpinang, Sabtu (22/6/2013).

Ia mengatakan, sebagaian besar pedagang mulai membeli BBM dalam jumlah banyak di SPBU pada Jumat (21/6) sebelum pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM.

“Kami terpaksa ikut menaikkan harga, kalau tidak mengalami kerugian,” ujarnya.

Demikian juga Kandar, pedagang bensin eceran lainnya menyatakan, harga bensin naik dan sulit diperoleh karena sebagian besar SPBU dijaga ketat aparat kepolisian.

“Kami mengerit (membeli dalam jumlah banyak, red) bensin menggunakan sepeda motor yang memiliki ukuran tanki yang besar untuk menampung BBM. Kalau menggunakan jerigen tidak berani karena takut ditangkap polisi,” ujarnya.

Sementara itu, Wandi, salah seorang pengendara motor yang membeli bensin eceran mengaku terkejut harga baru BBM eceran ikut naik Rp2.000 per liter.

“Pada awalnya memang agak terkejut dengan harga bensin eceran yang mencapai Rp8.000 per liter, namun kenaikan harga tersebut wajar karena harga di SPBU juga naik,” ujarnya.

Ia menyatakan, kenaikan harga BBM tersebut tidak masalah, namun yang masalah apabila BBM sulit didapatkan karena stok BBM di SPBU habis.

“Kami sanggup membeli BBM namun pihak pertamina dan pemerintah harus menjamin ketersediaan BBM,” ujarnya. (Ant)