Jokowi Tetap Fokus Macet dan Banjir

Jakarta Sayangi.com  – Menyambut hari jadi Kota Jakarta ke-486, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap Jakarta lebih maju dan berkembang seiring kemajuan jaman.

“Saya rasa ini bukan cuma harapan saya, tetapi juga harapan kita bersama,” kata Jokowi, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu (21/6).

Fokus utama Pemprov DKI, tutur Jokowi, penanganan macet dan banjir yang diakuinya masih terjadi.

“Memang banyak permasalahan yang dihadapi kota Jakarta dan kita akan selesaikan itu satu-persatu secara bertahap. Namun, untuk saat ini, masalah macet dan banjir akan menjadi perhatian utama kita,” ujar Jokowi.

Penyumbang terbesar kemacetan, tutur Jokowi, adalah pertambahan jumlah kendaraan. Jadi, pembangunan jalan tol, jalan layang dan jalan bawah tanah bukan solusi yang tepat.

Transportasi massal, kata Jokowi, sebagai solusi yang lebih masuk akal. Sayangnya, pembangunan infrastruktur transportasi massal diakuinya belum optimal. Begitu juga dalam mengatasi banjir.

“Tapi kita akan terus berupaya bekerja dengan cepat, mengebut pembangunannya, sehingga kedua permasalahan itu bisa cepat diatasi,” tutur Jokowi.

Salah satu terobosan yang tengah dikebut adalah pembangunan infrastruktur dan operasionalisasi monorel sepanjang 31 kilometer, yang dicanangkan bisa dinikmati pada awal 2016 nanti.

Toh demikian,  Jokowi minta warga bersabar, sebab pembangunan infrastruktur tidak secepat Prabu Boko membangun Candi Prambanan. (Mardikanto)