Pemukiman Padat Garuda Kemayoran Kebakaran

Jakarta, Sayangi.com – Ratusan rumah petak padat huni di pojokan Jalan Garuda RT 04, RT 07, RT 15 dan RW 07, Kemayoran, Jakarta Pusat ludes diguyur api, Sabtu (22/6/13) siang tadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Petugas pemadam kebakaran baru sampai di lokasi setelah lama api berkobar menghanguskan satu RT, yaitu RT 04 hangus total, sedangkan RT 07, RT 15, dan RW 07 berhasil diludeskan oleh 30 unit Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) selama 1,5 jam memadamkan api. Akhirnya  hanya separuh rumah yang terbakar untuk RT 07, RT 15 dan RW 07.

Kebaran itu terjadi diperkirakan api berasal dari arus pendek listrik. Kerugian dari kebaran ini belum bisa ditaksir. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, hanya beberapa warga luka-luka saat mencoba menyelamatkan barang-barang berharganya.

30 unit DPK setibanya di TKP segera memadamkan api bersama sejumlah warga, karena keadaan rumah penduduk yang padat akhirnya petugas DPK menyerbi kobaran api dari dua arah jalan, yaitu dari arah Kemayoran Timur dan dari arah Kemayoran Barat.

Informasi yang dihimpun oleh Sayangi.com di tempat kejadian, bahwa pada saat kebakaran itu terjadi, warga berhamburan keluar menyelamatkan diri sambil berteriak “api.. Api..”. Untuk sementara, korban kebakaran ini diamankan, ada yang memilih tinggal di rumah saudaranya, sebagian besar yang lain diamankan di posko penanggulangan kebakaran di SDN Argentina, Kemayoran Tengah, Jakarta Pusat.

Dari kebakaran ini, jumlah korban diperkirakan sekitar kurang lebih 1000 orang dari 200 KK. “Saya berharap, pihak pemerintah nanti segera merehabilitasi rumah penduduk yang kebakaran. Ya.. Korban kebaran ini kurang lebih 1000 orang dari 200 KK.

Rencananya di sini itu, di RT 07 tanggal 26 Juni besok mau diadakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta, karena malihat di sini itu sangat padat, sehingga sangat rawan sekali dengan kebakaran,” tutur Ketua RW 7, Yus Rais, saat dimintai keterangan oleh Sayangi.com di Posko Penanggulangan Kebakaran. (Yan Zavin)

Berita Terkait

BAGIKAN