Ambisi Italia Kembali Kandas

Brazil, Sayangi.com– Ambisi Italia untuk mematahkan rekor 30 tahun belum pernah menang atas Brazil belum bisa terwujud di babak penyisihan terakhir grup A Piala Konfederasi. Runner up Piala Eropa 2012 itu kembali harus menggakui ketangguhan juara dunia lima kali dengan skor akhir 4-2. Dua gol tim samba diantaranya disumbangkan Fred.

Italia yang tampil tanpa playmaker Andrea Pirlo karena cidera, mendapat tekanan dari Brazil sejak kick Off di bunyikan. Penganti Pirlo, Alberto Aquilani kesulitan membendung serangan Neymar dkk yang dibangun dari lini tengah . Terbukti ketika pada masa injury time (45′) tim samba akhirnya bisa membobol gawang Italia yang dikawal Gianlugi Buffon. Penjaga gawang Juventus berusia 35 tahun itu kebobolan oleh Dante yang baru masuk mengantikan David Luiz. Bek Bayer Munchen berusia 29 tahun itu berhasil mencetak gol memamfaatkan bola rebound dari tendangan bebas. 1-0 Brazil unggul.

Dibabak ke dua tim azzuri mampu menyamakan kedudukan setelah Emanuele Giaccherini mencetak gol di menit ke 51 . Meneruskan umpan manis Mario Balotelli, tendangan keras kaki kanan gelandang Cesena berusia 28 itu, tak mampu di bendung kiper Brazil, Julio Cesar (33′) yang juga bermain di seri A, Genoa.

Namun Brazil yang tidak ingin mengecewakan pendukungnya sendiri kembali menunjukkan dominasinya ketika Neymar mencetak gol melalui tendangan bebas di menit ke 55. Tendangan Striker anyar Barcelona itu bersarang di pojok kanan atas gawang Buffon yang sudah agak lambat gerakannya karena faktor usia. Neymar total sudah menciptakan 3 gol di ajang Piala Konfederasi ini.

Tertinggal 2-1, Italia yang bertekad memecahkan rekor tiga puluh tahun belum pernah menang dari Brazil mencoba bangkit. Namun justru Brazil yang mampu menambah gol melalui Fred di menit ke 66. Memamfaatkan assist Marcelo, tendangan kaki kiri striker Fluminese FC berusia  29 tahun itu membuat gawang Italia kembali bergetar.

Setelah unggul 3-1, Pelatih Luiz Felipe Scolari mengendurkan tekanan dengan menarik keluar Neymar dan memasukkan Bernard.Situasi ini membuat Italia mampu mengembangkan permainan.

Walhasil, di menit ke 71, Giorgio Chiellini berhasil membobol gawang Brazil. Memamfaatkan kemelut di depan gawang Julio Cesar, bek Juventus berusia 28 tahun itu sukses mencetak gol sehingga skor berubah menjadi 3-2 .

Dua menit kemudian, Pelatih Cesare Prendelli yang bertekad memenangkan duel bergengsi ini, memasukkan Stephan El Shaarawy dengan menarik Alessandro Diamanti, untuk membantu Balotelli menambah daya gedor Italia. Brazil sempat tertekan. Beberapa kali Balotelli sempat mengancam gawang Cesar.

Akan tetapi pada menit ke 88, melalui sebuah serangan balik yang cepat, Fred berhasil menyarangkan gol keduanya ke gawang Italia. Sepakan kaki kanan fred kembali memaksa Buffon memunggut bola dari gawangnya.

Namun Italia yang sepertinya banyak dibantu dengan kepemimpinan wasit asal Uzbekistan, Ravshan Irmatov tidak mampu menambah gol hingga pertandingan berakhir.

Skor akhir Brazil menang 4-2. Dengan hasil ini Brazil menjuarai grup A dengan nilai sempurna sembilan dari tiga laga dan akan menghadapi runner up grup B, yang kemungkinan akan ditempati Nigeria atau Uruguay .

Meski kalah Italia tetap melaju ke babak semifinal, menemani Brazil karena menjadi runner up dengan raihan enam point dan bertemu juara grup B yang kemungkinan di tempati juara dunia Spanyol. Kedua tim bisa saja kembali bertemu di final jika di semifinal menang atas lawan-lawanya.

Berikut klasemen akhir dari Grup A Piala Konfederasi setelah dua pertandingan dimainkan pada Sabtu (22/6) waktu setempat atau Minggu dinihari WIB: Italia 2 Brazil 4 Jepang 1 Meksiko 2 Klasemen akhir Brazil 3 3 0 0 9 2 9 – lolos ke semifinal Italia 3 2 0 1 8 8 6 – lolos ke semifinal Meksiko 3 1 0 2 3 5 3 Jepang 3 0 0 3 4 9 0 Hasil pertandingan sebelumnya: 15 Juni Brazil 3 Jepang 0 di Brasilia 16 Juni Meksiko 1 Italia 2 di Rio De Janeiro 19 Juni Brazil 2 Meksiko 0 di Fortaleza 19 Juni Italia 4 Jepang 3 di Recife. (RH)

Berita Terkait

BAGIKAN