Buah Pare Cegah Kanker

Jakarta, Sayangi.com – Bitter Melon atau yang lebih dikenal dengan pare memiliki khasiat untuk meminimalisir sel-sel kanker dalam tubuh. Buah yang satu ini dikenal karena rasanya yang sangat pahit. Tapi, jika tahu cara memasaknya, pare juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

Menurut penelitian di Jepang, khasiat buah pare ampuh menghentikan sel-sel kanker didalam tubuh. Dalam penelitian tersebut mereka menggunakan tikus sebagai bahan percobaannya. Tikus tersebut dicoba dengan menyuntikan sel-sel kanker untuk kemudian disuntik lagi dengan ekstrak pare, lalu mereka mengamati perkembangan sel kanker yang ada pada tikus tersebut. Rupanya benar, sel kanker yang ada di dalam tubuh tikus tidak lagi berkembang setelah disuntikkan ekstrak pare.

Didalam buah pare ini terdapat zat yang bernama lesichin yang berfungsi untuk menguatkan sistem imun tubuh sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain sebagai penangkal sel kanker, manfaat yang lainnya adalah untuk menurunkan kadar gula darah yang disebabkan karena adanya zat insulin pada buah bernama latin momordica charantia ini. Zat-zat tersebut berperan dalam membantu proses reformasi glukosa menjadi energi.

Manfaat lainnya pare juga mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerutan pada wajah serta melindungi tubuh dari ultra violet, selain itu senyawa karoten diadalam sayuran ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Nah mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini karena khasiatnya sangat banyak dan luar biasa. Walaupun rasanya sangat pahit, namun apabila kita mengolahnya dengan benar, maka akan menjadi masakan yang lezat. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN