Wisata Alam: Air Terjun Victoria dan Kolam Renang Setan

Afrika, Sayangi.com – Bagi para pelancong yang hobi berpetualang, mungkin Benua Afrika adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan. Salah satunya adalah objek wisata di air terjun yang cukup indah dan fenomenal. Air terjun Victoria, adalah sebuah air terjun yang terletak di Afrika bagian Selatan pada sungai Zambezi antara negara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini dinamai oleh David Livingstone, seorang penjelajah asal Skotlandia, setelah kedatangan Ratu Victoria pada tahun 1855.

Sebelumnya air terjun ini bernama The Mist That Thunders yang diambil dari tempat tujuh keajaiban di dunia. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar di dunia yang memiliki ketinggian 108 meter atau 360 kaki dan lebar 1.708 meter.

Penduduk asli setempat menamai air terjun ini dengan nama Mosi-oa-Tunya yang berarti Asap Menggelegar karena air yang terjun begitu deras menimbulkan suara yang menggelegar dan menimbulkan percikan-percikan lembut air yang menyerupai asap jika terlihat dari jauh. Air terjun ini merupakan bagian dari dua Taman Nasional di Zanbia dan Zimbabwe yaitu Taman Nasional Mosi-oa-Tunya dan Air Terjun Victoria. Masing – masing negara tersebut wajib menjaga kelestarian air terjun ini karena merupakan objek wisata utama di Afrika.

Selain menampilkan pesona air terjun, pengunjung juga bisa berenang di bibir air terjun. Tapi, hati-hati. Kolam alami yang disebut Kolam renang setan itu dijuluki sebagai kolam paling seram di dunia. Bagaimana tidak, jika saat musim hujan, aliran airnya menjadi dua kali lebih deras dan valume airnya menjadi lebih tinggi sehingga membahayakan siapapun yang berenang disitu pada musim hujan. Hanya saja, saat kemarau, volume airnya lebih surut sehingga memungkinkan kamu berenang dengan ramahnya air. Tertarik? Sepertinya kamu harus merogoh kocek sedikit dalam mengingat tempatnya yang berada di benua Afrika.Tapi, wisata ini cocok buat mereka yang suka pengalaman adventure. (FIT/warisandunia.blogspot.com)