Hadiah 10K Pelari Kenya Untuk Beli Sapi

Jakarta, Sayangi.com – Pelari asal Kenya Silas Kipruto mengatakan ingin membeli sapi perah setelah memenangi juara kelompok elite internasional di ajang lomba lari jalan raya Jakarta International 10K yang berlangsung Minggu pagi.

Silas mempertahankan gelar di kelompok putra dengan catatan waktu 29 menit 17 detik dan berhasil meraih hadiah sebesar 6.000 dollar US.

“Nanti uangnya mau saya belikan sapi perah,” kata Silas yang telah memiliki 12 sapi di kampung halamannya.

Silas memiliki rekor waktu terbaik dengan catatan 27 menit 28 detik. Menurutnya, ia tidak mampu mencatat waktu terbaiknya pada lomba ini karena cuaca di Jakarta yang panas dan lembab.

“Dulu saya raih waktunya saat di Eropa. Cuaca di Jakarta dan Eropa sangat berbeda,” tambahnya.

Sementara itu, pelari asal Tanzania Zakia Mrisho berhasil merebut gelar juara elite internasional kelompok putri. Pada laga pertamanya ini, ia mampu meraih waktu terbaik dengan catatan 33 menit 34 detik.

“Ini pertama kalinya saya ke Jakarta dan menjadi juara. Nanti uangnya ingin saya belikan rumah,” katanya.

Jakarta International 10K merupakan salah satu bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-486 yang telah digelar sejak 2004.

Perlombaan lari yang berhadiah total Rp900 juta tersebut diikuti oleh lebih dari 35 ribu peserta, termasuk di antaranya 20 pelari elite internasional.

Lomba lari dimulai dan berakhir di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Rute yang ditempuh, yakni melalui Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Soedirman, kemudian berputar di depan Kampus Unika Atmajaya.

Peserta lomba dibagi dalam empat kategori, yaitu elite internasional, elite nasional, pelajar dan umum. Sebanyak 20 pelari elite nasional diundang oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) untuk ikut berlomba. (RH/ANT)