Lima Pasang Kandidat Ramaikan Pilgub Lampung

Ilustrasi gambar: Ami/sayangi.com

Bandar Lampung, Sayangi.com – Sebanyak lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung hingga pendaftaran ditutup pada Jumat (28/6/2013) pukul 16.00. dari kekelima pasangan kandidat tersebut, empat berasal dari jalur koalisi parpol sedangkan satu berasal dari pasangan calon perseorangan yang sudah lebih dulu mendaftar dan dinyatakan memenuhi syarat.

Kandidat yang didukung oleh Partai Politik yang pertama adalah Herman HN dan Zainudin Hasan.  Herman HN merupakan Walikota Bandar Lampung, sedangkan Zainudin Hasan adalah pengusaha, adik kandung Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Pasangan ini didukung 23 koalisi Parpol yang terdiri dari PAN, PBR, PKNU, PPPI, PPRN, Partai Barnas, PKPI, PK, PNI Marhaenisme, PDP, PKP, PMB, PPDI, Partai Pelopor, PNBKI, PIS, Partai Merdeka, PPN, PPI, PRN, PPNUI, Partai Buruh, dan PSI.

Kandidat kedua adalah pasangan Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri. Ridho Ficardo adalah Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung, sendangkan Bachtiar Basri merupakan Bupati Lampung Utara. Pasangan ini didukung oleh Partai Demokrat dan beberapa Parpol lain. Sebelum pendaftaran ditutup, kemarin sempat ada pasangan calon gubernur yang mengklaim mendapat Surat Keputusan DPP Partai Demokrat untuk mencalonkan diri sebagai pasangan gubernur, yaitu Hendri Bustomo-Yudi Carlo. Karena tidak didaftarkan oleh pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung, pasangan Hendri-Yudi ini pun ditolak oleh KPU.

Selanjutnya yang ketiga adalah pasangan Alzier D Thabrani dan Lukman Hakim. Pasangan ini diusung oleh Partai Golkar dan Hanura. Alzier D Thabarani merupakan ketua Partai Golkar Lampung, sedangkan Lukman Hakim adalah Walikota Metro.

Yang keempat adalah pasangan Berlian Tihang dan Mukhlis Basri. Mereka diusung oleh PDI Perjuangan, PPP dan PKB. Berlian Tihang saat ini menjabat sebagai Sekda Provinsi Lampung, sementara Mukhlis Basri adalah Bupati Lampung Barat.

Kandidat kelima adalah pasangan dari calon perseorangan yang mendaftar paling awal dan dinyatakan telah memenuhi syarat minimal dukungan sebagai pasangan calon non partai adalah Amalsyah Tarmizi dan Gunadi Ibrahim. Amalsyah adalah mantan Danrem 043/Garuda Hitam Lampung, sedangakan Gunadi merupakan Ketua Partai Gerindra Lampung.

Hingga pendaftaran ditutup Partai Gerindra Provinsi Lampung tidak menggunakan hak politiknya untuk mengusung salah satu pasangan calon dari jalur Parpol. Kemungkinan besar partai besutan Prabowo Subianto ini akan mengarahkan dukungannya secara non formal kepada pasangan Amalsyah-Gunadi. Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani, Senin (24/6/2013) lau terlihat mengantarkan pasangan ini saat mendaftar ke KPUD Lampung. Ini bukan pertama kali Gerindra mengusung kadernya sebagai kandidat Cagub-Cawagub melalui jalur independen, di Kalimatan Timur Ketua DPD Gerindra setempat, Ipong Muchlissoni, juga mendaftar sebagai calon gubernur dari jalur independen.

Selanjutnya, sesuai jadwal tahapan pemilukada yang diterima sayangi.com, kelima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi Lampung  tersebut akan memasuki tahapan verifikasi pada tanggal 29 Juni sampai 9 Juli 2013. Penetapan, penentuan nomor urut dan pengumuman pasangan calon akan dilaksanakan pada 14-15 Agustus 2013. Sedangkan hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Lampung akan dilaksanakan serentak pada tanggal 2 Oktober 2013. (S2)

Berita Terkait

BAGIKAN