Disebut Melanggar HAM, Wiranto: Silahkan Temui Saya

Foto: Hanura.com

Jakarta, Sayangi.com – Kasus pelanggaran Hak Asazi Manusia (HAM) yang terjadi pada tragedi 1998 silam kerap kali dimunculkan di saat Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menjadi calon presiden. Wiranto pun mengaku heran kenapa kasus itu kerap dimunculkan. Padahal, kata Wiranto, dirinya sama sekali tidak terlibat pada kasus pelanggaran HAM tersebut.

“Setiap saya maju (jadi capres) pasti ada isu muncul,” kata Wiranto usai mendeklarasikan diri sebagai capres-cawapres bersama Tanoesoedibdjo, di Jakarta, Selasa (2/7).

Kendati dikaitkan dengan pelanggaran HAM, Wiranto pun tidak mempermasalahkannya. Sebab, kata dia, saat terjadi kerusahan yang menewaskan sejumlah aktivis mahahasiswa, Wiranto mengaku berhasil memadamkan tragedi tersebut.

“Tidak ada masalah, tapi satu hal saoal ’98, kerusuhan massal. Waktu itu saya sebagai Pangab dapat meredup,” katanya.

Untuk membuktikan dirinya sama sekali tidak terlibat pelanggaran HAM, Wiranto menantang pihak-pihak yang menuding untuk bertemu secara langsung.  Sebab, kata dia, dirinya memang tidak terlibat pelanggaran HAM, tapi berhasil meredam gejolak pada pemerintahan mantan Presiden Soeharto itu.

“Kebijakan negara. Siapa pun yang saat ini (menuding saya melanggar HAM) bertemu dengan saya. Mari bertemu dengan saya,” katanya dia sambari mencontohkan beberapa negara yang tidak bisa meredam gejolak massa seperti yang terjdi di Mesir dan Libya belum lama ini. (HST)