DPR: OJK Butuh Badan Supervisi

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Komisi XI DPR RI Mohammad Hatta mengungkapkan perlunya kehadiran badan supervisi untuk mengawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti keberadaan Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) saat ini

Menurut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, kewenangan OJK lebih besar dari BI.

“Saya kira harus ada kekuatan untuk melakukan supervisi terhadap OJK juga. Kedua lembaga ini sama-sama independen,” kata Hatta kepada wartawan usai uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BSBI di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2013) sore.

Pentingnya badan supervisi tersebut, jelas Hatta, untuk menghindari adu kekuatan seperti Polri dan KPK.

“Kalau perlu kita bentuk BSOJK untuk menjembatani dua lembaga besar ini. Jangan sampai terjadi lagi seperti Polisi dan KPK,” tambah Hatta.

Namun, untuk BSBI Hatta menilai tidak perlu ada perubahan ruang lingkup tugasnya. Malah, ke depan tugas BSBI lebih ringan karena beralihnya tugas pengawasan perbankan ke OJK.

Sementara itu, saat ditanya terkait perlu tidaknya badan supervisi untuk mengawasi OJK, calon anggota BSBI Sri Adiningsih menyerahkan ke tangan DPR. Sebab, badan tersebut dibentuk untuk membantu pengawasan DPR, khusususnya Komisi XI, terhadap keberadaan OJK.