Tips: Ibu Menyusui Bisa Tetap Berpuasa Kok

Foto/Ilustrasi: Reuters.com

Jakarta, Sayangi.com – Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Berpuasa juga merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat muslim yang telah cukup umur. Lantas bagaimana dengan ibu yang sedang menyusui? Hal terpenting untuk ibu menyusui adalah tetap makan 3 kali sehari dengan gizi yang berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30 % protein dan 10 – 20 % lemak. Jadi usahakan untuk tetap menyeimbangkan komposisi ini.

Berpuasa memang mengharuskan adanya perubahan pola makan, akan tetapi dengan berubahnya jadwal pola makan bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsi juga ikut berubah. . Nah untuk para ibu yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa walaupun sedang menyusui, kita intip yuk tipsnya:

1.Usahakan untuk memenuhi asupan menu dengan gizi yang seimbang
Ibu menyusui membutuhkan tambahan 700 kalori per hari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Untuk itu sangat penting bagi para ibu menyusui untuk tetap mempertahankan pola makan 3 x sehari dengan menu gizi yang seimbang. Pada saat sahur, berbuka dan juga menjelang tidur. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

2.Perbanyak konsumsi cairan
Saat berpuasa, cairan akan berkurang sebanyak 2 sampai 3 persen ddalam tubuh. Tubuh akan menyesuaikan diri dengan mengurangi keringat dan memproduksi urine. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, tidak lupa juga ditambahkan dengan jenis cairan lain seperti teh manis hangat, susu atau juice. Ketika berbuka puasa, usahakan untuk minum minuman hangat, sehingga dapat merangsang kelancaran Asi bagi ibu menyusui bagi yang suka dengan kurma, bisa memanbahkan dengan mengkonsumsi kurma karena dapat memberikan energi lebih bagi tubuh ibu menyusui.

3. Istirahat yang cukup.
Badan pasti akan terasa lemas untuk ibu yang yang menyusui. Jika itu terjadi, cobalah untuk beristirahat sejenak, baik dengan tidur ataupun hanya sekedar relaks dan menenangkan pikiran. Satu hal yang perlu diketahui buat para ibu menyusui. Dengan semakin banyaknya payudara kita dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi apabila ibu tetap rajin menyusui ketika berpuasa, maka produksi ASI akan tetap lancar.

Demikian tips berpuasa bagi ibu menyusui, semoga dapat menjadi bekal untuk tetap menjalankan ibadah puasa walaupun sedang menyusui. Semoga bermanfaat. (FIT/berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN