Kubu Raya Perlu Pemimpin Kaliber Nasional

Photo: KPU Kubu Raya

Pontianak, Sayangi.com – Untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan memajukan Kabupaten Kubu Raya diperlukan pemimpin daerah yang memiliki jaringan kuat di level nasional. Hal itu dikemukakan oleh politisi yang juga anggota DPRD Kubu Raya, Ir. H. Ujang Sukandar, MM.

“dengan lobi dan akses yang kuat, kepala daerah akan dengan mudah memanfaatkan akses nasionalnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kubu Raya. Lambatnya pembangunan di Kubu Raya ini hanya bisa diatasi oleh pemimpin yang kuat, pemimpin kaliber nasiobal,” Kata Ujang.

Menurut Ujang, dari lima calon yang mendaftar ke KPUD Kubu Raya, hanya Rusman Ali yang memenuhi kriteria sebagai pemimpin kaliber nasional.

“Hanya Rusman Ali yang memiliki kemampuan lobi dan akses politik tingkat nasional. Dia akrab dengan banyak tokoh politik nasional. Kepemimpinan dan integritasnya sudah teruji”, Lanjut Ujang.

Rusman Ali adalah anggota DPR RI periode 2004-2009. Sejak Muktamar Islah Partai Bintang Reformasi di Bali tahun 2006 hingga saat ini ia tercatat sebagai Sekjen DPP PBR, mendampingi Bursah Zarnubi sebagai ketua umum. Pada Pemilukada Kabupaten Kubu Raya 2013 ini Rusman menggandeng politisi PDIP, Hermanus Daru,  sebagai wakilnya.

Pasangan Rusman Ali-Hermanus Darus resmi mendaftar ke KPUD Kubu Raya pada 16 Juni 2013. Mereka diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Amanat Nasioanal (PAN) dan Partai Bintang Reformasi (PBR) dengan akumulasi 14 kursi parlemen (31,11%).

Selain itu, empat pasangan kandidat lain yang akan meramaikan pemilukada di Kabupaten Kubu Raya adalah pertama, pasangan Djohansyah-Ahok Angking. Mereka diusung oleh Partai Demokrat dan PDK dengan akumulasi 7 kursi (15,56%).   

Kedua, pasangan David Maryansyah-Hasbulloh. Pasangan ini didukung oleh 11 partai yaitu Partai Kedaulatan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Matahari Bangsa, Partai Republik Nusantara, Partai Bulan Bintang, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, dan Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia dgn total perolehan suara pada pemilu 2009 sebesar 19,65%.

Ketiga, adalah pasangan Kamaruzzaman-Andi Salmah. Pasangan ini diusung oleh tiga Partai Politik yakni Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia serta Partai Golongan Karya dengan jumlah kursi sebanyak 8 kursi (17,78%).

Terakhir, adalah pasangan incumbent yang maju lewat jalur parseorangan, yaitu Muda Mahendrawan-Suharjo. Pasangan ini mengumpulkan dukungan KTP berjumlah 87.550 dari 9 Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Kubu Raya akan dilaksanakan pada 19 September 2013. (S2)

Berita Terkait

BAGIKAN