Traveling di Bulan Ramadhan? Siapa Takut!!!

Foto: travelbyu.com

Jakarta, Sayangi.com – Liburan adalah sesuatu yang selalu menyenangkan dan selalu dinanti setiap individu di dunia ini. Apalagi jika kita sudah punya sederet rencana untuk melakukan perjalanan di beberapa tempat. Lantas bagaimana jika liburan justru bertepatan dengan bulan Ramadan? Nah, bagi kamu yang ingin tetap berwisata dibulan puasa ini, ada baiknya menyimak kiat-kiatnya berikut ini:

1. Pastikan kondisi tubuh kamu sehat dan kuat untuk melakukan perjalanan dalam keadaan berpuasa. Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah serta vitamin agar stamina tubuhmu tetap terjaga saat perjalanan, baik dalam menu sahur atau berbuka puasa.

2. Pilihlah destinasi liburan yang sesuai. Ada baiknya kamu menghindari destinasi liburan yang rumit dan melelahkan seperti pantai atau naik gunung, karena suhu udara dan cuaca yang terik dapat membuat cairan tubuh makin cepat berkurang hingga terjadinya dehidrasi. Haus atau dahaga yang sangat tentu akan membuat ibadah puasa dan kegiatan traveling mu terasa kurang nyaman. Pilihlah destinasi tempat liburan yang sejuk dan ringan, seperti perkotaan atau malah pedesaaan. Terkait Ramadhan yang sedang berlangsung, ada baiknya jika kamu lebih memilih destinasi bertema religius. Ini berguna untuk memperkaya khasanah pengetahuanmu tentang agama.

3. Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi dan perlengkapan ibadahmu. Kita boleh sibuk dengan jadwal perjalanan kita, namun ada baiknya di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini kamu bisa sedikit meluangkan waktu untuk lebih banyak beribadah. Membawa Al’quran, kompas dan perlengkapan sholat sendiri membantumu untuk bisa melakukan ibadah kapan saja, dan tidak tergantung pada perlengkapan ibadah di sebuah masjid.

4. Untuk menghindari hujan dan cuaca panas, kamu bisa menambahkan payung dalam daftar benda yang kamu bawa. Ketika cuaca panas, payung dapat membantu mengurangi cairan tubuh yang menguap.

5. Untuk persediaan ta’jil dadakan, kamu bisa membawa coklat atau nutrition bar serta sebotol air mineral. Dan biasakan berbuka dengan yang manis-manis serta makanan berkualitas baik seperti buah segar, kurma ataupun jus. Hindari goreng-gorengan atau makanan junk food.

6. Jaga dan pertinggi toleransi mu terhadap sesama selama traveling. Jika kamu sedang tidak berpuasa kamu bisa menjaga kegiatan makan dan minummu didepan area umum. Mengenakan pakaian yang lebih tertutup dari biasanya juga salah satu wujud toleransimu.

Bagaimana traveler? Sudah siap menjelajah kan sekarang… (FIT/berbagaisumber)