Terkait Data BLSM, DPR: Mendagri Jangan Salahkan Kepala Desa

Foto: Jurnalpemilu.org

Jakarta, Sayangi.com – Pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kerap salah sasaran. Terkait hal ini, anggota Komisi II DPR RI Budiman Sujatmiko lebih membela kepala desa dari pada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

“Secara teknis dan sistemnya aparat desa tidak pernah dilibatkan. Teknis dan sistem pendataan sepenuhnya ditangani oleh BPS,” kata Budiman di Jakarta, Rabu (10/7).

Menurut dia, jika seandainya sejak awal pendataan perangkat desa dilibatkan, maka dapat dipastikan tidak akan terjadi kekisruhan terkait penyaluran BLSM. Perangkat desa pasti melaksanakan pendataan secara akurat melalui musyarah bersama perangkat dibawahnya seperti RT dan RW.

“Jadi pernyataan Mendagri yang menyalahkan para perangkat desa dalam persoalan kesalahan penyaluran BLSM sangat salah dan tidak tepat,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Budiman menganggap apa yang dikatakan Mendagri tersebut bisa memicu ketegangan antara perangkat desa dengan warganya. Sebab bahkan sebelum ini, menyangkut BLSM para perangkat desa sudah menjadi sasaran kemarahan warga.

Mantan aktivis itu menyarankan agar sebaiknya Mendagri tidak selalu mengulang kesalahan pemerintah sebelum-sebelumnya yang kerap menyalahkan perangkat desa jika ada kebijakan yang tidak bisa dioperasionalisasi dengan baik.

“Pemerintah sebaiknya segera melakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang sifatnya operasional terutama sekali yang meilbatkan perangkat desa sebagai ujung tombak yang bersinggungan langsung dengan warga,” tutup Budiman. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN