Pemerintahan Transisi Mesir Bentuk Kabinet Baru

Foto: Reuters

Kairo, Sayangi.com – Meski pengunjuk rasa mengatakan akan terus mempertahankan keinginannya untuk mengembalikan tampuk kepemimpinan pada Presiden yang terpilih secara demokratis, Mohammed Moursi, Perdana Menteri baru Mesir Hazem el-Beblawi  yang merupakan bagian dari pemerintahan transisi Mesir mengatakan ia akan mulai bekerja untuk membentuk kabinet barunya pada Rabu (10/7) dalam pertemuan pertama para pemimpin liberal Mohamed ElBaradei dan Ziad Bahaa-Eldin.

Beblawi mengatakan kepada Reuters bahwa ia menerima tugas yang sulit untuk memenangkan dukungan bulat rakyat Mesir untuk pemerintah barunya. Sebab, para pendukung Mursi bersikeras untuk mempertahankan pendapat mereka. Mereka juga mengatakan akan bertahan meski harus kehilangan nyawa.

“Tentu saja kami menghormati opini publik dan kami mencoba untuk menyesuaikan dengan harapan rakyat, tetapi selalu ada saat memilih, ada lebih dari satu alternatif, Anda tidak bisa memuaskan semua orang,” kata Beblawi.

Beblawi, seorang ekonom dan mantan menteri keuangan, ditunjuk sebagai perdana menteri sementara pada Rabu dan ElBaradei, mantan diplomat PBB, ditunjuk sebagai wakil presiden.

Bahaa-Eldin adalah seorang pengacara dan anggota parlemen, juga seorang politisi liberal terkemuka. (FIT/Reuters)