4 Jet Tempur F16 (Tetap) Dikirim AS ke Mesir

Foto: fas.org

Washington, Sayangi.com – Amerika Serikat berencana untuk pergi sekaligus mengirimkan empat F-16 jet tempur ke Mesir dalam beberapa minggu mendatang, para pejabat pertahanan AS mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu (10/7) setelah penggulingan militer atas presiden Mesir Mohamed Mursi.

Sebuah keputusan AS untuk menanggapi kudeta penggulingan Presiden Mohammaed Mursi, berdasarkan hukum AS, memerlukan Washington untuk menghentikan bantuan kepada militer Mesir, yang menerima bagian terbesar dari $ 1,5 miliar bantuan tahunan AS ke negara itu.

Jet, kemungkinan akan disampaikan pada bulan Agustus dan dibangun oleh Lockheed Martin Corp yang merupakan bagian dari paket bantuan tahunan, kata seorang pejabat pertahanan AS.

“Tidak ada perubahan saat ini dalam rencana untuk memberikan F-16 kepada militer Mesir,” kata seorang pejabat AS kedua Reuters pada kondisi anonimitas.

Ditanya tentang F-16, juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan: “Ini pandangan kami bahwa kita tidak harus buru-buru mengubah program bantuan kami,” ujarnya.

Delapan F-16 yang dijadwalkan akan disampaikan pada bulan Desember, kata pejabat pertama pertahanan AS. Jet adalah bagian dari paket 20 F-16, dimana delapan telah dikirim.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel telah berbicara melalui telepon dengan kepala angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, delapan kali sejak 2 Juli. Percakapan terakhir adalah pada hari Selasa.

Pentagon, menanggapi pertanyaan wartawan, kemudian mengeluarkan pernyataan yang bergema pada Presiden Barack Obama 3 Juli, memberikan komentar bahwa ia telah memerintahkan untuk meninjau bantuan AS ke Mesir. Ditanya apakah Obama akan menunda pengiriman F-16, salah satu pejabat AS mengatakan kepada Reuters, pengiriman tetap dijadwalkan seperti yang direncanakan.

Lockheed Martin, pemasok terbesar Pentagon, menolak berkomentar tentang masalah ini. Mesir telah menjadi salah satu penerima terbesar di dunia bantuan AS karena menandatangani perjanjian perdamaian 1979 dengan Israel.

Dalam satu tanda betapa pentingnya bantuan AS adalah hubungan Washington dengan Mesir, Mursi Ikhwanul Muslimin memperingatkan tahun lalu sebelum mengambil kekuasaan bahwa Mesir mungkin meninjau kesepakatan perdamaian dengan Israel jika Amerika Serikat memotong bantuan.

Pentagon telah menawarkan beberapa rincian tentang pembicaraan mereka, yang tetap menunjukkan bagaimana kontak intensif antara kedua pihak setelah mengikuti era penggulingan Mursi pada 3 Juli. Untuk tahun fiskal 2013, yang berakhir pada bulan September, Amerika Serikat telah mengucurkan $ 650 juta dalam bantuan militer ke Mesir. (FIT/Reuters)

Berita Terkait

BAGIKAN