Wisata Religi: Masjid Pintu Seribu dan Masjid Perahu

Foto: Google.com

Jakarta, Sayangi.com – Bagi para pengggila traveling, bulan Ramadan bukan suatu hal yang bisa menghentikan hobi menyenangkan yang satu itu. Banyak tempat wisata religi yang bisa memperkaya khasanah pengetahuan kamu tentang agama dan sejarahnya. Bagi kamu yang masih bermukim disekitar Jabodetabek, bisa mengintip uniknya 2 masjid berikut ini.

Masjid Pintu Seribu – Masjid Nurul yakin, Tangerang

Berlokasi di Kampung Bayur, tepatnya di RT 01 RW 03, Priuk – Kota Tangerang. Masjid kuno ini memiliki keunikan lain dari pada yang lainnya. Jika di Semarang terdapat Lawang Sewu, maka masjid ini dijuluki dengan nama Masjid Sewu. Jumlah pintu masjid ini berjumlah 1000 pintu. Konstruksi bangunannya disekat-sekat menjadi 6 ruangan seperti mushala. Setiap ruangan memiliki luas tak lebih dari 4 meter. Uniknya lagi, ruangan-ruangan tersebut memiliki namanya masing-masing. Ada mushala Tanbihul-Alghafilin, Safinatu-Najah, Fathulqorib, Durojatun Annasikin, mushala Ratu Ayu, dan mushala Fatimah. Di masjid Sewu ini juga tersimpan sebuah tasbeh raksasa.

Masjid Perahu , Menteng – Jakarta Selatan

Terletak di Jalan Casablanca RT 03 RW 05 Nomor 38 Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Masjid ini dibangun pada tahun 1960 oleh Pendirinya, Abdurrahman Musum. Bentuk masjid ini memang tak berbeda dengan masjid lainnya. Yang unik karena adanya sebuah bangunan berbentuk perahu berdiri megah disamping masjid tersebut. Konon, sang pendiri begitu terinspirasi dengan kisah Nabi Nuh yang menyelamatkan umatnya dengan sebongkah perahu. Di dalam masjid ini ada sebuah sumur yang diyakini dibuat oleh Sunan Bonang, salah satu wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Masih di lokasi yang sama, terdapat ruangan khalwat (ruangan khusus untuk berdiam diri). Di masjid ini kamu juga bisa melihat sebuah AL-quran kuno berukuran raksasa 2x 1,5 meter dengan ketebalan 30cm. Kulit luar Al-quran ini konon terbuat dari kayu jati dengan ukiran kaligrafi ayat Al-quran yang agak rumit. (FIT)