Tips: Meminimalisir Kantuk pada Jam Kerja Saat Puasa

Foto/Ilustrasi: Google.com

Jakarta, Sayangi.com – Bagi umat muslim yang sedang berpuasa, siang adalah hal yang paling membuat deg-degan. Pasalnya, saat tengah hari lewat, rasa kantuk yang dahsyat mulai menyerang. Apalagi bagi sebagaian pekerja yang harus dihadapkan dengan tugas kantor yang menumpuk atau deadline yang diburu-buru, sungguh ini ujian berat. Namun ternyata mudah mengantuk saat puasa adalah hal yang lumrah.

Menurut beberapa sumber, mengantuk saat berpuasa umumnya terjadi diakibatkan menurunnya kadar gula darah ke otak, sehingga mempengaruhi kinerja otak. Saat energi menipis, hati mengeluarkan glikogen dan memberi energi cadangan bagi tubuh agar tetap beraktivitas. Sebab, otak mengkonsumsi 60 persen dari asupan glukosa tubuh. Dan bila energi tambahan untuk kebutuhan aktivitas seharian tersebut mulai berkurang, tubuh otomatis lemas dan mengantuk. Hal ini biasanya terjadi pada siang hari. Dan dapat lebih cepat terjadi pada orang-orang yang tidak makan sahur. Terlebih lagi pada orang-orang yang kekurangan zat besi.

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa penyebab rasa kantuk pada orang yang berpuasa atau pada orang dengan perut kosong adalah kurangnya sebagian nutrisi yang diperlukan tubuh. Jadi Anda bisa mengatasinya dengan memberikan cukup nutrisi yang diperlukan lebih oleh tubuh kita saat puasa. Anda bisa mengkonsumsi banyak karbohidrat komplek dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, katuk, sawi, ikan teri, dan aneka kacang-kacangan. Dengan jumlah zat besi yang banyak, maka akan cukup membantu tubuh untuk menyerap oksigen lebih banyak ke otak sehingga mengurangi rasa kantuk.

Selain soal nutrisi, Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa hal. Misalnya dengan menggunakan waktu makan siang untuk istirahat, memejamkan mata barang sejenak. Anda juga bisa datang lebih awal ke kantor dan pergunakan waktu sebelum jam kantor dimulai untuk tidur sejenak, tapi ingat jangan lupa pasang alarm ya! Dan usahakan jangan lembur.
Bagaimana para pembaca Sayangi.com? Sudah siap dengan deadline Anda hari ini kan.. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN